Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Polda Jabar Akan Terapkan Jam Khusus Truk di Tol

Nasional Kecelakaan Tol Cipularang
P Aditya Prakasa • 11 September 2019 16:15
Bandung: Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat menyarankan adanya jam operasional khusus untuk truk pengangkut di jalan tol.
 
Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat, Kompol Efos Satria Wisnuwardana, mengatakan saat ini truk bermuatan berlebih masih bisa lolos dari pengawasan petugas. Hal itu berpotensi menyebabkan kecelakaan di jalan tol.
 
"Nanti di jam operasional itulah kita lakukan penimbangan. Kalau sekarang 24 jam, ada yang kena ada yang enggak, karena random ambilnya," kata Efos saat dihubungi, Rabu, 11 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Efos menjelaskan selama ini penimbangan truk dilakukan oleh Dinas Perhubungan di dalam ruas jalan tol. Hal tersebut dinilai kurang efektif karena bongkar muat tidak bisa dilakukan di dalam ruas jalan tol.
 
"Kalau di dalam ruas tol potensi laka (kecelakaan) artinya sudah ada. Kedua, kalau kelebihan muatan kita temui, kita bongkar di rest area tidak mungkin. Makanya kemarin kita sarankan timbangan sebelum truk masuk ke gate tol," jelas Efos.
 
Meski demikian menurut Efos pemberlakukan jam operasional truk perlu kajian yang cukup panjang. Selain itu pelaksanaan hal tersebut juga harus dilakukan di setiap gerbang tol yang menuju tol Cipularang.
 
"Kalau ada jam operasional kita lebih jelas kapan mau nimbangnya. Yang jadi masalah, ini gak hanya di satu titik, ada beberapa titik gate tol. Purwakarta mungkin sudah melaksanakan, tapi kalau masuk dari Cimahi atau Cileunyi ini kan beda lagi," ungkap Efos.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif