Gedung PYCH. (istimewa)
Gedung PYCH. (istimewa)

Gedung Papua Youth Creative Hub Segera Rampung, Ini Sederet Fasilitasnya

Lukman Diah Sari • 22 November 2022 15:18
Jayapura: Progres pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) hampir menyentuh 100 persen. Gedung itu memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang minat, bakat, dan kreativitas anak muda di Tanah Papua.
 
Gedung ini nantinya akan dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri, dan menjadi motor pengembangan sumber daya manusia (SDM) muda di Bumi Cendrawasih.
 
"Saya mewakili PMI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN Pak Budi Gunawan. Ini gedung sangat luar biasa dan membantu kami anak muda Papua untuk berkreasi, berinovasi, membuat karya-karya, dan melakulan segala hal untuk kebaikan masyarakat Tanah Papua," kata Sekretaris PMI Provinsi Papua Vitha Faidiban, dalam keterangannya, Selasa, 22 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vitha menyampaikan hal itu saat mendampingi Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN Made Kartikajaya meninjau progres pembangunan PYCH di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua. Gedung yang akan rampung itu, terdiri atas dua lantai dan dua gedung asrama. 

Baca: Bekas Bunker Perang Dingin Ini Disulap Jadi Penginapan, Segini Harga Sewanya


Dalam gedung ini terdapat ruangan untuk produk UMKM, pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, co-working space, ruang pembelajaran teknologi, hingga perpustakaan. Ada juga ruangan tribun dengan kapasitas lebih dari 300 orang, untuk pertunjukkan, keagamaan, dan lainnya. 
 
Gedung ini akan dilengkapi dengan internet berkecepatan 100 Mbps dengan bandwith upstream downstream simetris 1:1, yang tersebar di seluruh gedung. Ada juga CCTV hingga ruang kontrol. Di samping gedung utama, ada lapangan futsal dan basket. Kantor pusat PMI juga berada dalam gedung tersebut.
 
Sementara di gedung asrama, ada dua gedung yang terdiri dari 24 kamar dengan fasilitas tempat tidur lengkap, lemari, kamar mandi dalam dan lainnya. Setiap kamar berkapasitas dua orang. Jadi, total ada 48 kamar dari dua gedung asrama dan bisa dihuni 96 orang. 
 
Selain itu, gedung ini juga dilengkapi dengan sistem alarm kebakaran yang terpusat di ruang kontrol, tersambung dengan semua pengeras suara yang ada di dalam maupun luar gedung. 

Baca: Gedung Paling Bengkok di Dunia Bakal Dibangun di Tiongkok


Gedung ini mengadopsi konsep green building yang memanfaatkan energi alam, seperti pencahayaan dan angin. Pada siang hari, gedung PYCH tidak memerlukan lampu. Demikian pula gedung asrama, akan tetap terang di semua sisi karena banyak kaca dan lubang ventilasi. 
 
Kemudian desain arsitektur atap gedung utama terinspirasi dari rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena. Yakni atap Honai dan atap Kariwari.
 
Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Corneles Sagrim mengatakan gedung PYCH sedang dalam tahap akhir. 
 
"Sampai hari ini pembangunan telah mencapai 99,68 persen. Fasilitas di gedung utama ada tempat misalnya untuk pembelajaran, pameran, perpustanaan co-working space, kafe, bisnis kecil-kecilan, perpustakaan, ada kantor, pantri dan sebagainya," kata Sagrim.
 
Sagrim mengatakan gedung ini telah siap diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Desember 2022 atau paling lambat Januari 2023. Groundbreaking gedung PYCH  dilakukan oleh Presiden Jokowi pada Oktober 2021, kemudian Kepala BIN Budi Gunawan turut memberikan sambutan.
 
Gedung ini dibangun di atas lahan seluas 15 ribu meter persegi, PYCH memiliki luas bangunan utama sebesar 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi. Gedung ini memiliki lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor, dan lanskap. 

 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif