Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Menko Polhukam Cek Natuna Esok

Nasional Laut Natuna Utara
Patricia Vicka • 14 Januari 2020 15:39
Sleman: Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akan mengunjungi Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, esok, Rabu 15 Januari 2020. Mahfud hendak memantau kondisi terakhir Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE) Indonesia di Natuna.
 
"Infonya sudah (nelayan Tiongkok keluar dari ZEE). Makanya besok saya mau mengecek ke sana," ujar Mahfud usai menjadi pembicara dalam acara Suluh Kebangsaan di kampus UII Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Ia menegaskan permasalahan Tiongkok yang tidak mengakui keberadaan ZEE Indonesia sudah tutup buku usai kedatangan Presiden Jokowi ke Natuna. Dia memerintahkan prajurit TNI Angkatan Laut yang berjaga di Natuna untuk tegas mengusir kapal nelayan Tiongkok bila kembali ke ZEE.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang mau coba-coba masuk lagi, usir saja," tegasnya.
 
Dalam kunjungan esok, Mahfud MD turut menemui pimpinan daerah Kepulauan Riau. Topik utama pertemuan yakni menjaga kedaulatan Indonesia.
 
Hubungan diplomatik Indonesia dan Tiongkok kembali memanas setelah sejumlah kapal nelayan dan kapal penjaga pantai Tiongkok masuk ke wilyaah ZEE Indonesia. Kapal asing itu kukuh menangkap ikan di perairan sekitar 130 mil dari Perairan Ranai, Natuna.
 
TNI telah mengerahkan delapan Kapal Republik Indonesia (KRI) berpatroli untuk pengamanan Perairan Natuna.
 
Berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut, The United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982, perairan Natuna merupakan wilayah ZEE Indonesia. Tiongkok tidak memiliki hak apa pun atas perairan tersebut. Namun, Tiongkok secara sepihak mengklaim kawasan itu masuk ke wilayah mereka.
 


 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif