Ilustrasi==Kawasan permukiman yang dekat dengan jalur kereta api di wilayah Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (21/6/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)
Ilustrasi==Kawasan permukiman yang dekat dengan jalur kereta api di wilayah Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (21/6/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)

PT KAI Siapkan Biaya Bongkar Rumah Sterilisasi Jalur di Kota Malang

Antara • 30 Juni 2022 18:17
Malang: PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan biaya pembongkaran rumah untuk pelaksanaan sterilisasi jalur kereta api pada sejumlah titik yang ada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur.
 
Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan pihaknya tidak menyiapkan biaya ganti rugi bangunan. Namun yang disiapkan adalah biaya pembongkaran rumah permanen dan non-permanen.
 
"Itu uang bongkar bangunan, untuk yang permanen Rp250 ribu per meter persegi dan yang non-permanen Rp200 ribu per meter persegi," kata Luqman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luqman menjelaskan, pihaknya menyiapkan biaya pembongkaran bangunan di sepanjang lintasan kereta api tersebut untuk 300 keluarga. Namun, data tersebut nantinya akan dilakukan verifikasi ulang oleh tim lapangan.
 
Baca juga: KAI Minta Pelanggan Tak Segan Laporkan Tindakan Pelecehan
 
Menurut dia, PT KAI saat ini masih memulai pembentukan tim dari berbagai pemangku kepentingan terkait sterilisasi jalur kereta pada sejumlah titik tersebut. Nantinya, akan ada petugas yang melakukan pendataan, verifikasi, dan pelaksanaan penertiban.
 
Proses pembentukan tim masih dalam tahapan koordinasi. Pihaknya telah menyampaikan surat permohonan kepada sejumlah instansi terkait untuk ditempatkan pada tim tersebut.
 
"Mudah-mudahan bisa segera direspons oleh mereka sehingga bisa terbentuk dan mulai berjalan," jelasnya.
 
PT KAI juga telah melakukan diskusi bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang terkait rencana sterilisasi jalur tersebut. Dalam pertemuan itu, juga melibatkan perwakilan warga yang memiliki rumah di samping jalur kereta api.
 
Baca juga: Daop 3 Cirebon Gelar Aksi Lawan Tindak Kekerasan Seksual di Kereta
 
"Mereka menyadari bahwa tempat tinggalnya memang bukan peruntukannya. Sesuai Perda Kota Malang juga tidak, dan pemerintah juga menyadari bahwa tinggal di daerah tersebut merupakan daerah yang sangat berbahaya," katanya.
 
PT KAI berencana melakukan sterilisasi jalur mulai dari Stasiun Malang Kota lama menuju kawasan Jagalan hingga Depo Pertamina sepanjang 1,3 kilometer. Rencana sterilisasi jalur diperkirakan berdampak pada 301 keluarga di wilayah tersebut.
 
Salah satu kawasan yang akan terdampak rencana sterilisasi jalur tersebut adalah RT09/07 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Pada RT09 tersebut, ada sebanyak 180 keluarga yang akan terdampak sterilisasi tersebut.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif