Ilustrasi--Perlintasan jalan sebidang di Jalan Bungur 17, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat, akan ditutup permanen. Medcom.id/Christian
Ilustrasi--Perlintasan jalan sebidang di Jalan Bungur 17, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat, akan ditutup permanen. Medcom.id/Christian

Ratusan Perlintasan Sebidang di Wilayah Daop 6 Tanpa Penjagaan

Nasional Mudik Lebaran kereta api PT KAI Kota Malang Perlintasan Jalan Sebidang Info Mudik Mudik 2022
Ahmad Mustaqim • 27 April 2022 16:48
Yogyakarta: Titik perlintasan sebidang tanpa penjagaan sangat rawan kecelakaan dalam kondisi arus mudik-balik lebaran 2022. Salah satunya, kecelakaan sebuah truk dengan KA Lodaya terjadi pada Selasa malam, 26 April 2022. 
 
Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan lalu lintas KA meningkat menyusul banyaknya KA yang beroperasi melayani pemudik. Di wilayah Daop 6 Yogyakarta, ada lebih dari 100 jadwal KA tiap harinya. 
 
"Ini baik KA jarak jauh, jarak dekat, KRL, hingga KA barang," kata Supriyanto, Rabu, 27 April 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia memerinci jadwal KA saat ini di antaranya KA jarak jauh 94, KRL 24, KA Prambanan Ekspres (Prameks) 8, KA bandara YIA 20, dan KA barang 8. Ia mengatakan total ada 144 jadwal KA di Yogyakarta. 
 
Baca juga: 17 Perlintasan Sebidang di Kota Malang Tanpa Palang Pintu 
 
Dari data itu, Daop 6 Yogyakarta mencatat perlintasan sebidang banyak yang tak dijaga. Supriyanto mengatakan data perlintasan resmi sebidang resmi dijaga ada 164 titik, tidak dijaga 163 titik, dan perlintasan sebidang liar sebanyak 5 titik. 
 
"Perlintasan itu tersebar di Purworejo, Solo, dan Sragen di Jawa Tengah, serta Daerah Istimewa Yogyakarta," ujarnya. 
 
Pihaknya mengingatkan masyarakat yang hendak melewati perlintasan KA harus lebih waspada, khususnya yang tidak dijaga. Ia menegaskan kerawanan kecelakaan meningkat menyusul tingginya mobilitas KA dalam melayani pemudik. 
 
Ia menambahkan jumlah penumpang yang turun di Stasiun Yogyakarta selama arus mudik-balik diperkirakan sebanyak 208.592. Jumlah itu berdasarkan data pemesanan tiket. 
 
"Berdasarkan data pembelian tiket pula, jumlah penumpang naik atau berangkat dari Daop 6 ada sebanyak 205.739," ucapnya. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif