Lokasi kejadian kecelakaan di perlintasan kereta api di Dusun Krajan, Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin 29 Maret 2021.
Lokasi kejadian kecelakaan di perlintasan kereta api di Dusun Krajan, Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin 29 Maret 2021.

17 Perlintasan Sebidang di Kota Malang Tanpa Palang Pintu

Nasional kereta api PT KAI Kota Malang Perlintasan Jalan Sebidang
Daviq Umar Al Faruq • 20 April 2022 12:11
Malang: PT KAI Daop 8 Surabaya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Malang segera memasang palang pintu di sejumlah perlintasan kereta api di wilayah setempat. Hal itu untuk mengantisipasi dan meminimalisasi kecelakaan di jalur perlintasan kereta api.
 
Sebanyak 17 perlintasan kereta api di Kota Malang belum terpasang palang pintu. Hanya saja, 5 di antaranya dipasangi rambu-rambu Erly Warning System (EWS).
 
Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Malang agar perlintasan tersebut segera dipasang palang pintu. Bahkan pihaknya juga telah bersurat secara berkala.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Makanya secara periodik sekitar tiga bulan sekali kami ingatkan lagi tentang itu (pemasangan palang pintu)," kata Luqman, Rabu 20 April 2022.
 
Baca juga: KAI Pastikan Tak Naikkan Tarif untuk Tiket Lebaran
 
Luqman menerangkan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 dan Peraturan Kementerian Perhubungan (Permenhub) Nomor 94 Tahun 2009, pengamanan perjalanan kereta api di perlintasan ataupun pengguna jalan merupakan kewenangan pemerintah daerah. 
 
"Di berbagai daerah pun juga mulai tumbuh kesadaran untuk melakukan pengamanan tersebut baik itu dikasih rambu lalin, penjaga dan palang pintu," ungkapnya. 
 
Di sisi lain, Luqman mengimbau pengguna jalan yang hendak melintasi rel kereta api tanpa palang pintu agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Pengendara juga diimbau disiplin dan patuh terhadap rambu lalu lintas.
 
"Tapi kembali ke pengguna jalannya, harus lebih disiplin dan mematuhi rambu rambu lalin atau ada peringatan agar jera," imbuh dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif