Penampakan rumah pahlawan asal Solo, Brigjen Slamet Riyadi terlihat dari luar. Medcom.id/ Triawati
Penampakan rumah pahlawan asal Solo, Brigjen Slamet Riyadi terlihat dari luar. Medcom.id/ Triawati

Rumah Pahlawan Nasional Brigjen Slamet Riyadi Bakal Didaftarkan Jadi Cagar Budaya

Triawati Prihatsari • 16 Agustus 2022 14:21
Solo: Brigjen Slamet Riyadi merupakan salah satu Pahlawan Nasional dari Solo. Salah satu peninggalan pahlawan yang lahir pada 1927 ini adalah sebuah rumah yang sampai saat ini masih bediri kokoh. 
 
Rumah dengan luas sekitar 1.000 meter persegi ini terletak di Kampung Jogosuran, Serengan, Kota Solo. Rumah ini tak nampak istimewa bahkan tak banyak orang tahu, rumah ini dahulu dihuni sosok penggagas Serangan Umum 4 Hari Solo.
 
Saat ini, rumah tersebut dihuni oleh keponakan sang pahlawan, Siti Sumarti, 76. Siti mengaku kewalahan merawat sendirian rumah peninggalan tersebut. Untuk perawatan, ia bergantung pada aparat TNI dan berbagai pihak lain yang rutin melakukan kerja bakti membersihkan rumah tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rumah ini belum pernah dilakukan perbaikan total, hanya perawatan rutin dari bapak TNI saja. Banyak bagian bangunan yang sudah rusak dan lapuk karena sudah tua, saya harap ada bantuan dari pemerintah," urainya, di Solo, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Baca: Tak Lekang Dimakan Zaman, Stasiun Tangerang Saksi Bisu Sejarah Pertempuran Rakyat dengan NICA

Penampakan rumah kelahiran Brigjen Slamet Riyadi sendiri sangat sederhana. Rumah tersebut berdiri di lahan yang cukup luas. Cat dinding rumah yang didominasi warna hijau terlihat sudah banyak yang mengelupas. 
 
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengakui sampai saat ini rumah yang diperkirakan berusia dua abad tersebut belum didaftarkan sebafai benda cagar budaya (BCB). Untuk itu, bersama jajaran Pemkot Solo, dirinya akan melakukan pendaftaran tersebut.
 
"Kayaknya belum didaftarkan ke cagar budaya ya, nanti sambil jalan kita daftarkan sebagai BCB (Bangunan Cagar Budaya)," ujarnya. 
 
Jajaran Pemkot Solo sendiri melakukan ziarah rutin tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti, Jebres dalam setiap momen peringatan HUT RI. Salah satunya ke makam Brigjen Slamet Riyadi. 
 
"Melalui agenda tabur bunga di makam pahlawan, harapannya pelajar generasi muda bisa menghormati perjuangan para pahlawan untuk Solo dan Indonesia," ungkapnya. 
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif