Detik-detik saat Moin kabur dengan mengendari mobil dinas dan menabrak pagar Rudenim (Foto / Metro TV)
Detik-detik saat Moin kabur dengan mengendari mobil dinas dan menabrak pagar Rudenim (Foto / Metro TV)

WN Palestina Kabur dari Rudenim Diyakini Masih Berada di Jatim

Clicks.id • 05 Januari 2022 12:47
Surabaya: Polda Jatim menerjunkan tim gabungan dari Ditreskrimsus dan Ditreskrimum untuk membantu Satreskrim Polres Pasuruan memburu warga negara asing (WNA) Palestina bernama Moin D Habib Bin Habib Mohammad, 41. Ia kabur dengan cara menabrak gerbang Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Pasuruan, pada Minggu, 2 Januari 2022.
 
Sejumlah saksi telah diperiksa. Saat ini kepolisian tengah mengumpulkan bukti-bukti dari CCTV untuk mencari keberadaan WNA tersebut.
 
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, kepolisian juga sudah meminta keterangan dari Rudenim. Kemudian akan melakukan penyitaan mobil dinas Chevrolet Orlando hitam bernopol N 1030 SP, yang dibawa kabur oleh Moin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena ditemukannya (mobil) di masjid, jadi kami juga minta keterangan dari pihak masjid untuk mencari tahu ke arah mana larinya yang bersangkutan," kata Gatot, Rabu 5 Januari 2022.
 
Baca juga: Mobil Dinas yang Dicuri WN Palestina Ditemukan di Pasuruan
 
Pihaknya juga memastikan jika tim gabungan sudah turun melakukan pencarian terhadap warga negara Palestina tersebut. Gatot meyakini, Moin masih berada di sekitaran Pasuruan.
 
"Kami masih mempercayai yang bersangkutan masih berada di daerah Jawa Timur. Kami juga minta bantuan dari masyarakat setempat untuk menginformasikan keberadaan yang bersangkutan," jelasnya.
 
Terkait saksi yang telah dimintai keterangan, Gatot menyebut ada empat orang. Semuanya dari pihak Rudenim. Polisi juga telah meminta pengurus masjid, lokasi ditemukannya kendaraan dinas milik Rudenim.
 
"Kami juga ada kemungkinan akan mengambil beberapa titik CCTV yang diduga dilintasi oleh yang bersangkutan," terang dia.
 
Moin sebelumnya telah menyabotase mobil dinas Chevrolet Orlando hitam bernopol N 1030 SP, dan sempat menyerang petugas sebelum akhirnya melarikan diri. Dari hasil penyelidikan terungkap, Moin ternyata mantan narapidana perampokan. Dia ditahan di Rudenim Surabaya sejak 17 Desember 2021 dari salah satu lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Jakarta.
 
Setelah menjalani penahanan dan hendak dipulangkan, deteni (orang asing penghuni Rudenim) tersebut berusaha kabur menabrak gerbang rudenim dengan mobil dinas.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif