Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Karawang Sujana Ruswana. ANTARA/Kesbangpol Karawang
Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Karawang Sujana Ruswana. ANTARA/Kesbangpol Karawang

Kesbangpol Karawang Sebut Tiap Tahun Selalu Ada Ormas Baru

Antara • 10 Desember 2021 09:45
Karawang: Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyebutkan setiap tahun jumlah ormas di daerah ini bertambah karena selalu ada ormas yang baru.
 
"Sejak beberapa tahun terakhir hingga saat ini, setiap tahunnya di Karawang selalu ada ormas baru," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Karawang Sujana Ruswana, di Karawang, Jumat, 10 Desember 2021.
 
Ia mengatakan, sesuai dengan catatan Kesbangpol setempat, penambahan jumlah ormas tersebut per tahun ada empat sampai lima ormas baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, hingga kini jumlah ormas yang terdaftar di Kesbangpol Karawang sebanyak 600 ormas.
 
Namun dari jumlah itu, hanya 270 ormas yang berbadan hukum dan teregistrasi, sisanya masih belum menertibkan administrasi.
 
Baca juga: Polda Sumsel Panggil Oknum Dosen Terlapor Pelecehan Seksual
 
Dia berharap keberadaan ormas mampu dirasakan masyarakat dan pemerintah daerah. Sebab pada dasarnya keberadaan ormas bertujuan mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.
 
Sujana menyampaikan pihaknya setiap tahun menyalurkan anggaran operasional untuk ormas di Karawang yang menjadi bagian dari upaya pembinaan ormas.
 
Pada 2020 dan 2021, Kesbangpol Karawang mengalokasikan total anggaran untuk bantuan operasional ormas sekitar Rp500 juta.
 
Kemudian pada tahun depan atau 2022, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp700 juta per tahun untuk bantuan operasional ormas.
 
"Besaran bantuan operasional yang kami salurkan ke ormas itu bervariasi, minimal Rp10 jutaan per tahun," imbuhnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif