Situasi alun alun Bandung, Jawa Barat, Rabu, 4 Mei 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Situasi alun alun Bandung, Jawa Barat, Rabu, 4 Mei 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Pusat Kota Bandung Dipadati Wisatawan

Nasional Mudik Lebaran Idulfitri 1439 H Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Roni Kurniawan • 04 Mei 2022 16:59
Bandung: Alun alun Bandung serta Jalan Asia Afrika masih menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengisi libur Lebaran pada Rabu, 4 Mei 2022. Wisatawan memadati pusat Kota Bandung tersebut hingga arus lalu lintas tersendat.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id, wisatawan yang didominasi lokal memadati kawasan Taman Alun Alun Bandung. Bahkan tak sedikit wistawan menggunakan alas kaki ke taman tematik tersebut meski tertera tulisan dilarang.
 
Baca: 2,1 Juta Kendaraan Meninggalkan Jabotabek pada Hari Kedua Lebaran

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kawasan pusat belanja di Jalan Dalem Kaum yang masih di area Alun Alun pun dipadati oleh wisatawan. Kawasan tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk swafoto setelah dipercantik oleh Pemerintah Kota Bandung.
 
"Iya kesini aja liburannya, kalau jauh-jauh males macetnya, kalau kesini paling macetnya pas di kota aja," kata Risma, salah seorang wisatawan asal Kabupaten Bandung ketika ditemui di Alun Alum Bandung.
 
Hal senada pun diungkapkan Idrus, wisatawan asal Cianjur yang sengaja datang ke Bandung bersama keluarga untuk mengisi hari libur. Ia mengaku, Bandung masih asik untuk dihinggapi di momen libur Lebaran.
 
"Makin asik di Bandung, kan jarang-jarang juga main ke Bandung. Jadi libur Lebaran ini ke Bandung, banyak spot foto bagusnya juga, seperti di Alun Alun ini, terus di (Jalan) Asia Afrika," ungkap Idrus.
 
Namun sayangnya kepadatan wisatawan tersebut tak dibarengi pengawasan oleh petugas baik Satpol PP maupun pihak lainnya. Pasalnya, di area Alun Alun tak terlihat petugas yang memantau atau memberi imbauan kepada wisatawan meski telah melanggar aturan masuk menggunakan alas kaki ke taman tematik tersebut.
 
"Iya kang banyak yang masuk ke taman pakai sepatu sama sendal, padahal itu ada tulisannya dilarang," cetus Tari, salah satu wisatawan di Taman Alun Alun Bandung.
 
Hal senada pun diungkapkan, Ujang, petugas kebersihan yang menyapu diarea tersebut. Ia mengaku kerap memberitahu para pengunjung agar membuka alas kaki, namun saking banyaknya dan ia pun harus melaksanakan tugasnya, sehingga upaya itu pun hanya didengarkan saja oleh pengunjung.
 
"Saya kasih tau sebisanya, yang keliatan sama saya, yang deket. Apalagi kalau bawa makanan, makan di taman, kan itu enggak boleh. Tapi ya namanya juga manusia, ya begitu susah juga," kata Ujang.
 
Sementara itu, arus lalu lintas di seputaran Alun Alun Bandung seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, Jalan Alun Alum Timur terpantau padat merayap. Kawasan tersebut pun menjadi ajang swafoto bagi wisatawan terutama di tempat sejarah Gedung Merdeka.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif