Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melantik Sumarno sebagai Sekda Jateng, hari ini. Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Jateng.
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melantik Sumarno sebagai Sekda Jateng, hari ini. Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Jateng.

Jateng Akhirnya Punya Sekda

Nasional pembangunan Pemerintah Daerah ekonomi daerah Ganjar Pranowo
Mustholih • 08 Oktober 2021 11:36
Semarang: Jabatan Sekretaris Daerah Jawa Tengah yang hampir dua tahun kosong akhirnya terisi.
 
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Jateng, Sumarno, terpilih sebagai Sekretaris Daerah setelah mengalahkan Kepala Dinas ESDM Jateng, Sujarwanto dan Kepala BPSDM Jateng, Arief Irwanto.
 
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melantik Sumarno sebagai Sekda Jateng, hari ini, Jumat, 8 Oktober 2021. Ganjar mengatakan Sumarno merupakan Sekda Jateng pilihan Presiden Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami di daerah hanya punya kewenangan untuk menyeleksi. Kami memilih tiga kandidat dan diberikan ke Presiden. Di sana yang menentukan, ada tim penentu akhir yang memilih," kata Ganjar, di Semarang, Jumat, 8 Oktober 2021.
 
Pelantikan Sumarno sebagai Sekda Jateng dilaksanakan di Kantor Pemerintah Provinsi Jateng. Ganjar mengaku siap bekerja sama dengan Sekda Jateng pilihan Jokowi.
 
"Menurut saya tiga calon yang lolos ini yang terbaik, ada Pak Jarwanto, Pak Arief, dan Pak Marno. Pansel sudah melakukan proses seleksi dengan baik," terang dia.
 
Baca juga: PPKM Level 2, Tradisi Muludan Cirebon Boleh Diselenggarakan
 
Ganjar berpesan kepada Sumarno segera bekerja dengan cepat sebagai Sekda Jateng, terutama kinerja recovery Pemerintah Provinsi pasca-pandemi covid-19.
 
"Banyak hal yang kemarin kita harus tertinggal, khususnya terkait ekonomi. Saya minta segera diperbaiki. Selain itu, skenario adaptasi kebiasaan baru juga harus dibereskan," jelas Ganjar.
 
Menurut Ganjar, dalam jangka pendek, Sumarno harus segera membuat perencanaan anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah 2022. Saat ini, RAPBD Jateng 2022 sedang dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
 
"Sekda baru ini dari sisi finance-nya kuat sekali. Di Biro Keuangan dia lama, sehingga merancang keuangan dalam kondisi tidak mudah ini pasti bisa dilakukan," terang Ganjar.
 
Sumarno mengaku siap bekerja dengan optimal sebagai Sekda Jateng.
 
"Sekda ini lebih pada koordinator, pelaksana teknisnya adalah teman-teman SKPD. Jadi segera kami konsolidasi dan mengakselerasi apa yang diinginkan gubernur dan wakil gubernur bisa tercapai," ujar Sumarno berjanji.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif