Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf. (Foto: AFP).
Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf. (Foto: AFP).

Gempa Bumi Magnitudo 6 Guncang Nias

Nasional gempa bumi
Antara • 03 Juni 2019 15:31
Jakarta: Gempa bumi dengan magnitudo 6 mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin, 3 Juni 2019 siang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa itu terjadi pada pukul 12:57 WIB.
 
"Pusat gempa berada di laut 30 km Barat Daya Nias Selatan, dengan kedalaman 19 Km," demikian cuitan akun Twitter BMKG @infoBMKG.
 
Titik gempa berada pada 0,32 Lintang utara dan 97,7 Bujur Timur. Menurut BMKG, guncangan dirasakan hingga Teluk Dalam, Gunung Sitoli, Padang Sidempuan dan Nias Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, gempa susulan magnitudo 5,5 juga terjadi di titik berbeda dengan episentrum gempa berada di 0,27 Lintang Utara dan 97,61 Bujur Timur, atau 40 kilometer barat daya Nias Selatan. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa akibat kejadian tersebut.
 
Gempa yang mengguncang Kepulauan Nias juga membuat warga di daerah sekitar panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Guncangan gempa yang berpusat di 30 km barat daya Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara itu juga terasa hingga Kota Gunungsitoli, Sumut.
 
Akibat gempa yang cukup kuat, sejumlah pedagang dan pembeli di beberapa toko yang ada di Kota Gunungsitoli juga panik dan berhamburan keluar karena takut bangunan toko rubuh.
Kepala Badan Metereologi dan Geofisikan (Bmkg) Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro meminta warga tidak panik.
 
Warga diminta menerapkan langkah-langkah yang pernah dipelajari sebelum terjadi atau setelah terjadi gempa.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif