Ilustrasi batas wilayah. (Foto: ANTARA/Regina Safri)
Ilustrasi batas wilayah. (Foto: ANTARA/Regina Safri)

Batas Wilayah Aceh dan Sumut Ditetapkan

Antara • 11 Juni 2020 12:29
Aceh: Direktorat Toponimi dan Batas Daerah Kementerian Dalam Negeri menetapkan batas wilayah antara Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Pengukuhan tapal batas dilakukan usai puluhan tahun penantian.
 
"Alhamdulillah sudah terselesaikan. Mudah-mudahan menjadi solusi dan tidak lagi menjadi perdebatan antara beberapa batas wilayah di provinsi kami dengan Sumatra Utara," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi Aceh, Syakir, Rabu, 10 Juni 2020.
 
Ia menjelaskan persoalan tapal batas di dua provinsi itu telah terjadi sejak 1988 atau berlangsung sekitar 32 tahun. Syakir menyebutkan batas daerah yang telah ditetapkan berada di kawasan Kabupaten Gayo Lues, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, dan Subulussalam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penetapan batas wilayah itu tertuang dalam Permendagri Nomor 27 Tahun 2020 tentang batas daerah Kabupaten Gayo Lues dengan Kabupaten Langkat, Permendagri Nomor 28 Tahun 2020 tentang batas daerah Kabupaten Aceh Tamiang dengan Kabupaten Langkat, dan Permendagri Nomor 29 Tahun 2020 tentang batas daerah Kabupaten Aceh Tenggara dengan Kabupaten Karo.
 
Baca juga: Warga Kalsel Diklaim Mematuhi Protokol Kesehatan
 
Kemudian Permendagri Nomor 30 Tahun 2020 tentang batas daerah Kabupaten Aceh Singkil dengan Kabupaten Tapanuli Tengah dan Permendagri Nomor 31 Tahun 2020 tentang batas daerah Subulussalam dengan Kabupaten Dairi.
 
Selanjutnya Batas daerah Kabupaten Aceh Tenggara dengan Kabupaten Dairi, diatur melalui Permendagri Nomor 32 Tahun 2020. Permendagri Nomor 33 Tahun 2020 tentang batas daerah Kabupaten Aceh Tenggara dengan Kabupaten Langkat, Permendagri Nomor 34 Tahun 2020 tentang batas daerah Subulussalam dengan Kabupaten Pakpak Bharat, dan Permendagri Nomor 35 Tahun 2020 tentang batas daerah Kabupaten Aceh Singkil dengan Kabupaten Pakpak Bharat.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif