Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan). Medcom.id/Amaluddin
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan). Medcom.id/Amaluddin

Khofifah Imbau Masyarakat Tak Takbir Keliling

Nasional Virus Korona PSBB
Amaluddin • 23 Mei 2020 08:00
Surabaya: Pemerintah sudah menetapkan Idulfitri 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengimbau masyarakat tidak menggelar takbir keliling untuk mencegah penyebaran covid-19.
 
"Kami mohon dengan sangat agar pelaksanaan takbir tidak dilakukan berkeliling. Silahkan kegiatan takbir dilakukan di masjid atau di musala, tapi dengan peserta yang terbatas," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat malam, 22 Mei 2020.
 
Baca: Pasien Covid-19 di Jatim Bertambah 153 Orang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khofifah tidak melarang digelarnya malam takbiran di masjid atau di musala. Asalkan dalam pelaksanaannya jumlah peserta terbatas. Khofifah mempersilakan masyarakat mengumandangkan takbir dengan menggunakan alat pengeras suara.
 
"Sehingga takbir bisa tetap didengungkan secara khidmat, dengan tetap menjaga jarak yang aman," jelas Khofifah.
 
Selain itu Khofifah juga mengimbau kepada seluruh panitia zakat fitrah, baik di masjid maupun musala agar tetap menjaga protokol kesehatan covid-19. Demikian juga dengan pembagian zakat fitrah, agar tidak mengundang kerumunan orang.
 
"Begitu juga dengan Salat Idulfitri, bagi daerah-daerah terdampak di mana di Jatim semuanya daerah zona merah, agar melakukan Salat Idulfitri di rumahnya masing-masing," ungkap Khofifah.
 
Khofifah berharap masyarakat mengikuti imbauan pemerintah, baik melalui Wakil Presiden, MUI, juga organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, agar pelaksanaan salat Idulfitri tidak digelar di masjid, musala, maupun lapangan.
 
"Kami menyampaikan pesan agar semua pihak masing-masing menjaga perlindungan diri dengan melipatgandakan kewaspadaan di tengah pandemi covid-19 ini," pungkasnya.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif