Persidangan Eks Sekda Jabar Iwa Kurniwa. Foto: Medcom.id/Adit
Persidangan Eks Sekda Jabar Iwa Kurniwa. Foto: Medcom.id/Adit

Anggota DPRD Jabar Disebut Jadi Perantara Suap Eks Sekda Jabar

Nasional meikarta
P Aditya Prakasa • 13 Januari 2020 18:04
Bandung: Anggota DPRD Jawa Barat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Waras Wasisto disebut-sebut terlibat dalam pemberian uang terhadap mantan Sekertaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa. Dalam dakwaan Jaksa KPK, Waras diduga berperan sebagai perantara pemberian uang pelicin perizinan proyek Meikarta.
 
Pemberian uang kepada Iwa ini berkaitan dengan proses pengajuan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi guna kepentingan proyek Meikarta. RDTR tersebut tinggal menunggu persetujuan substansi dari pemerintah provinsi Jabar.
 
Pemberian uang terhadap Iwa dilakukan dengan tiga tahap dari Neneng Rahmi Nurlaili sebagai Kabid Penataan Ruang di Dinas PUPR Bekasi dengan jumlah Rp900 juta. Uang tersebut diberikan melalui anggota DPRD Bekasi Soleman dan Anggota DPRD Jabar Waras Wasisto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Uang pertama Rp100 juta dan kedua Rp300 juta langsung digunakan untuk pembuatan spanduk Iwa yang akan maju sebagai bakal calon Gubernur Jabar dalam Pilgub 2018. Kemudian tahap terakhir, uang senilai Rp500 juta diberikan kepada Iwa.
 
"Dalam kualifikasi peristiwa yang kami sampaikan dalam dakwaan, kami juga memasukkan nama beliau (Waras Wasisto). Tinggal nanti kita lihat fakta persidangannya terkait dengan keterlibatan yang bersangkutan," ucap jaksa KPK Yadyn usai persidangan beragenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin 13 Januari 2020.
 
Dalam dakwaan, Waras juga berperan dalam pembelian banner atas pesanan Iwa. Dari tiga tahap pemberian itu, Iwa meminta kepada Waras untuk langsung 'mengeksekusi' dengan membuatkan banner dan dipasang di lima Kabupaten/Kota di Jabar.
 
Meski begitu, Yadyn enggan menyampaikan secara menyeluruh soal peran Waras. Pihaknya akan membuktikan dalam sidang selanjutnya. 
 
Yadyn mengatakan, Waras akan dihadirkan dalam sidang beragenda pemeriksaan saksi. Selain Waras, jaksa KPK juga memanggil saksi lainnya yang totalnya mencapai 28 orang saksi.
 
"Sampai sejauh ini kami sampaikan bahwasanya ada kualifikasi peristiwa yang mana beliau ada di dalamnya. Tapi itu kepentingan pembuktian kita lihat selanjutnya di persidangan," ucap dia.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif