Gubernur Sumsel Herman Deru. Foto: Istimewa
Gubernur Sumsel Herman Deru. Foto: Istimewa

Gubernur Pastikan Tak Ada Karhutla di Sumsel Per 28 Mei

Gonti Hadi Wibowo • 28 Mei 2022 12:17
Palembang: Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru memastikan saat ini kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya masih nihil. Ia menegaskan kabut yang terjadi di Sumsel bukan akibat kebakaran.
 
"Beberapa hari terakhir cuaca memang sempat panas dan turun hujan. Namun, karena terpapar sinar matahari, air yang disebabkan oleh hujan tersebut menguap menjadi kabut atau embun bukan karhutla. Kita sudah konfirmasi dengan BMKG," kata Herman Deru, Sabtu, 28 Mei 2022.
 
Deru mengatakan mutu udara di Sumsel saat ini masih cukup baik. Hal itu dapat dilihat melalui Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Udara di Sumsel ini masih terjaga. Yang pasti hingga saat ini tidak ada karhutla yang terjadi," ujarnya.
 
Herman mengingatkan masyarakat tidak membakar hutan untuk membuka lahan baru yang menyebabkan terjadi polusi udara. Apalagi, selama tahun 2021, Karhutla di Sumsel dapat diminimalisasi.
 
"Kesadaran masyarakat untuk menjaga alam sudah tinggi. Mudah-mudahan ini terus terjaga sehingga karhutla tidak lagi terjadi," ucap dia.
 
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Iriansyah, mengatakan hingga 26 Mei 2022, tidak ada hotspot yang terpantau.
 
Namun, sebagai antisipasi saat ini sudah tiba pesawat casa 212 AURI untuk TMC hujan buatan di Lanud untuk mengatasi jika adanya hotspot. 
 
"Pesawat tersebut disiapkan untuk wilayah Sumsel dan Jambi dan akan siaga hingga 15 hari kedepan," kata Iriansyah.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif