Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.
Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Bandara Abdul Rahman Saleh Malang Mulai Ramai Pemudik

Nasional Bandara Lebaran 2022 Ramadan 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Daviq Umar Al Faruq • 25 April 2022 17:52
Malang: Bandara Abdul Rachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mulai ramai kedatangan penumpang saat bulan Ramadan 2022. Jumlah penumpang di bandara tersebut tercatat mengalami kenaikan jelang Lebaran.
 
"Semenjak awal puasa sampai saat ini tercatat ada sekitar peningkatan kurang lebih 20 persen," kata Kasi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat UPT Bandara Abdul Rachman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko, Senin 25 April 2022.
 
Berdasarkan catatan UPT Bandara Abdul Rachman Saleh, jumlah penumpang yang ada di bandara tersebut pada awal Ramadan yakni 3 April 2022 sebanyak 555 orang. Rinciannya 227 orang datang dan 328 orang berangkat rute Malang-Jakarta dan sebaliknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan data per 24 April 2022 lalu, jumlah penumpang yang ada di bandara tersebut sejumlah 1.089 orang. Dengan rincian, jumlah penumpang yang datang mencapai 550 orang dan 539 orang meninggalkan wilayah Malang Raya, rute Malang-Jakarta dan sebaliknya.
 

Bandara Abdul Rahman Saleh Malang Mulai Ramai Pemudik
 
Di sisi lain, Cahyo mengaku bahwa tingkat keterisian pesawat yang datang maupun yang berangkat juga tercatat mengalami peningkatan selama Ramadan. Bila sebelumnya hanya sekitar 70 persen, tingkat keterisian saat ini berkisar pada angka 85-95 persen.
 
"Tingkat keterisian penumpang setiap hari rata-rata 85-95 persen, bahkan ada yang lebih dari itu. Jadi tingkat keterisiannya bagus," ujarnya.
 
Baca: Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Diprediksi Naik 410%
 
Cahyo menerangkan, meningkatnya jumlah penumpang dan tingkat keterisiam pesawat tersebut dikarenakan jelang Hari Raya Idulfitri 2022. Selain itu, juga lantaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi menghapus syarat antigen dan PCR bagi penumpang dalam negeri yang sudah mendapatkan vaksin lengkap atau booster.
 
"Rata-rata begitu, apalagi saat akhir pekan. Pada saat akhir pekan, itu rata-rata di atas 90 persen. Kalau hari normal mungkin masih fluktuatif, bisa jadi di bawah 90 persen ada. Pada awal puasa memang agak menurun sedikit, tapi seminggu setelah puasa berjalan trennya juga bagus," jelasnya.
 
Cahyo memprediksi load factor 100 persen bakal terjadi di hari-hari dekat Hari Raya Idulfitri. Terutama saat menjelang awal cuti Lebaran.
 
"Biasanya orang cenderung pada saat cuti bersama sudah diperbolehkan pulang, nanti hari-hari terakhir setelah selesai, arus baliknya antara Sabtu-Minggu itu balik. Tapi ada juga sebenarnya orang Malang yang mudik ke Jakarta ada juga," ungkapnya.
 
"Memang trennya itu kalau seperti tahun-tahun sebelumnya, jadi memang lebih banyak pulang dari Jakarta ke sini, pada saat arus mudik, dan lebih banyak baliknya dari Malang ke Jakarta pada saat arus balik," imbuhnya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif