Salah satu sudut TPST Piyungan yang dekat dengan zona transisi. Medcom.id/Mustaqim
Salah satu sudut TPST Piyungan yang dekat dengan zona transisi. Medcom.id/Mustaqim

Kabupaten/Kota di DIY Diminta Sediakan TPS Mandiri

Ahmad Mustaqim • 25 Mei 2022 14:33
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta kabupaten/kota menyediakan tempat pengolahan sampah secara mandiri. Langkah jangka panjang ini menjadi salah satu respons Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, yang telah melebihi kapasitas. 
 
Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan pemilahan sampah bisa dikerjakan dari tingkat rumah tangga sebelum akhirnya tersisa sampah yang tak bisa dimanfaatkan. Ia mengatakan TPST Piyungan tak bisa terus menerus jadi tujuan pembuangan sampah dari banyak wilayah. 
 
"Pengolahan di tingkat kabupaten-kota tidak bisa kalau tidak dibantu oleh rumah tangga," kata Kadarmanta di Yogyakarta, Rabu, 25 Mei 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, kawasan zona transisi di TPST Piyungan kini mulai dikerjakan. Tempat ini jadi pembuangan sampah sementara lantaran lokasi zona A dan B telah melebihi kapasitas. 
 
Baca juga: Gunungan Sampah TPST Piyungan Dibuat Terasering
 
Kadarmanta mengatakan proses pengerjaan zona transisi ditarget rampung pada Juli dan Agustus mendatang. Tahapannya saat ini proses pengerukan tanah. 
 
"Proyek (zona transisi) jalan terus tapi pemanfaatannya setelah zona A dan zona B betul-betul sudah penuh," kata 
 
Ia mengatakan zona transisi ini bakal menjadi titik proses kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dalam pengelolaan sampah. Luasan lahan di zona transisi sekitar 2,1 hektare. 
 
Luasan lahan itu tak hanya untuk membuang sampah, namun juga tempat pengolahan. Pihaknya belum bisa memperkirakan batasan waktu pemanfaatan zona transisi. Meskipun, sampah kiriman dari Sleman, Kota Yogyakarta, dan Bantul sekitar 800 ton per hari. 
 
"(Zona) transisi akan ditinggalkan dalam kondisi penuh ataupun tidak. Untuk tempat pengolahan (sampah) sekarang baru pembebasan lahan," ucap mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY ini. 
 
Ia menyebutkan zona A dan B TPST Piyungan akan ditutup saat tempat pengolahan sampah terealisasi. Di sisi lain, juga dilakukan proses pemadatan di dua zona itu sebelum nantinya ditutup. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif