Bentrokan dua kelompok massa di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Bentrokan dua kelompok massa di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Polda DIY Segera Tetapkan Tersangka Kerusuhan di Babarsari Sleman

Ahmad Mustaqim • 05 Juli 2022 08:54
Yogyakarta: Kepala Bidang Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Komisaris Besar Yuliyanto mengatakan jajarannya telah mengantongi identitas calon tersangka dalam kasus kerusuhan di Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. 
 
"Kami sudah ada gambaran pelaku, akan dilengkapi (bukti) dan diupayakan mendapatkannya," kaya Yuliyanto di Yogyakarta, Senin, 4 Juli 2022. 
 
Ia menjelaskan total ada tiga titik kerusuhan pada Sabtu dan Senin, 2 dan 4 Juli 2022. Mulai dari di tempat hiburan (Babarsari), Jambusari, dan salah satu ruko (Babarsari). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari ketiga lokasi, kata Yuliyanto, kepolisian membuat laporan tipe A atau berdasarkan kejadian yang ditangani polisi dalam kasus di tempat hiburan. Sementara, polisi menerima laporan dari salah satu kelompok dalam kasus di Jambusari. 
 
Baca juga: Pemkab Sleman Minta 2 Kelompok Massa Bentrok di Babarsari Rekonsiliasi
 
"Mudah-mudahan dalam waktu dekat pelaku TKP Jambusari bisa diamankan. Kami sudah mendapatkan siapa yang melakukan di Jambusari," kata dia. 
 
Ia meminta masyarakat memercayakan penanganan kasus itu ke Polda DIY dan Polres Sleman. Ia mengatakan proses hukum pada pelaku kekerasan yang menyebabkan sejumlah orang luka maupun perusakan akan dijalankan. 
 
"Semua pihak menahan dan mengendalikan diri supaya tidak ada peristiwa pidana yang lain-lain," ungkapnya. 
 
Pemkab Sleman sebelumnya telah mengupayakan sejumlah hal dalam menangani kerusuhan itu. Selain pengobatan korban di rumah sakit, juga upaya rekonsiliasi pada tiga kelompok yang sedang berselisih.
 
Sementara, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X juga menyatakan akan turun langsung apabila tidak ada tindakan riil dari pemerintah setempat dalam penanganan kasus itu. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif