Sejumlah pekerja menggarap pembangunan tribun Stadion Barombong, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (5/10). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe.
Sejumlah pekerja menggarap pembangunan tribun Stadion Barombong, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (5/10). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe.

Pembangunan Stadion Barombong Dihentikan Sementara

Nasional stadion barombong
Muhammad Syawaluddin • 05 Juli 2019 17:33
Makassar: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti pembangunan mega proyek Stadion Barombong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sehingga stadion yang digadang-gadang jadi stadion bertaraf internasional itu harus berhenti sementara meskipun telah menghabiskan dana miliaran rupiah.
 
"Ada beberapa masalah yang ditemukan dalam pembangunan stadion Barombong seperti soal alas hak kepemilikan tanah dan konstruksi bangunan yang masih harus dicek ulang," kata Koordinator Korsupgah KPK, Dwi Aprilia Linda di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Dua permasalahan tersebut membuat stadion yang terletak di Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan mulai dibangun pada 2011 lalu dihentikan sementara sampai alas hak kepemilikan lahan yang diduduki stadion tersebut jelas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal sejak dibangun delapan tahun lalu Stadion yang akan menjadi stadion megah di Kawasan Indonesia Timur tersebut sudah menghabiskan dana sekitar Rp226 miliar, dan hingga saat ini stadion itu belum juga selesai.
 
"Secara teknis pengerjaan Stadion Barombong harus dicek atau diperiksa ulang. Makanya dihentikan dulu untuk sementara," jelas Dwi.
 
Menurut Dwi jika pembangunan itu terus dilakukan maka akan menimbulkan kerugian negara. Oleh karena itu KPK memberikan rekomendasi kepada pemerintahan provinsi menyelesaikan permasalahan yang ada pada proses pembangunan stadion.
 
Sementara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meminta kepada masyarakat untuk bersabar, karena saat ini pihaknya bersama dengan Kejaksaan Tinggi Makassar tengah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan yang ada antara pemerintah provinsi dan Gowa Makassar Tourism Development (GMTD).
 
"Yang kita butuh sekarang adalah bagaimana GMTD menyerahkan segera ke Pemprov lahan yang ada di atas stadion (Barombong) ini. Itu yang kita butuhkan, kalau lah itu sudah diserahin. Tanggungjawab pemprov menyelesaikan stadion," kata Nurdin.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif