Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta. Foto: ANT/Andreas Fitri Atmoko
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta. Foto: ANT/Andreas Fitri Atmoko

Yogyakarta International Airport Melayani 96 Ribu Penumpang

Nasional bandara Bandara Yogyakarta International Airport
Ahmad Mustaqim • 17 September 2019 12:04
Kulon Progo: PT Angkasa Pura I mencatat Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progotelah melayani 96 ribu penumpang. Pembukuan dicatat sejak pembukaan penerbangan komersial perdana pada 6 Mei 2019 hingga 31 Agustus 2019.
 
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, mengatakan jumlah penumpang terus bertambah hampir setiap bulannya. Seiring penambahan slot penerbangan dari sejumlah maskapai.
 
"Pada Juli 2019, YIA melayani 27.585 penumpang, sementara Agustus 2019 tercatat ada 38.646 penumpang. Artinya terjadi peningkatan penumpang sebesar 40 persen," ujar Fail melalui keterangan tertulis yang diterima Medcom.id di Yogyakarta, Selasa, 17 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan sebanyak 14 jadwal penerbangan di YIA setiap harinya. Sejumlah tujuan penerbangan dari YIA yakni Jakarta (Cengkareng), Jakarta (Halim), Palangkaraya, Samarinda, Lombok, dan Makassar. Adapun maskapai yang melayani penerbangan yakni Citilink, Batik Air, Indonesia AirAsia, dan Lion Air.
 
Dia mengungkap rencana penambahan slot penerbangan dimulai pada 25 September 2019. Enam rute penerbangan yakni maskapai Lion Air yang membuka rute Kualanamu-YIA-Kualanamu; YIA-Tarakan-YIA; dan YIA-Pontianak-YIA.
 
"Sehingga akan ada 20 jadwal penerbangan yang dilayani di YIA," jelasnya.
 
Faik mengungkap beberapa maskapai berencana membuka sejumlah rute baru dari dan menuju YIA. Selain Lion Air, ada Citilink dan Batik Air.
 
"Kira-kira ke depan akan membuka tambahan 16 rute lagi, sehingga total akan ada 36 penerbangan yang dilayani di YIA," ucapnya.
 
Ia menambahkan penambahan jadwal penerbangan seiring progres pembangunan bandara. Hingga minggu pertama September 2019 progres pembangunan YIA telah mencapai 82 persen.
 
"Pembangunan bandara ini ditargetkan tuntas 100 persen akhir tahun ini dan bisa dioperasikan secara penuh awal 2020. Nantinya, sebagian besar penerbangan yang saat ini dilayani di Bandara Adisutjito akan dipindahkan secara bertahap ke YIA," pungkasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif