Suasana di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa.
Suasana di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa.

Surat Bebas Covid-19 Dihapus, Bandara Makassar Ramai

Muhammad Syawaluddin • 15 Maret 2022 15:10
Makassar: PT Angkasa Pura I mencatat sejak pemberlakuan aturan baru bebas tes covid-19 seperti PCR dan Antigen untuk pelaku perjalanan domestik, jumlah penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar naik sebesar 18 persen. 
 
General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, mengatakan setelah 6 hari aturan bebas tes covid-19 antigen dan PCR berlangsung, tercatat penumpang Bandara Sultan Hasanuddin pada 8-13 Maret 2022 sebanyak 154.443 penumpang.
 
"Antusiasme masyarakat terhadap aturan perjalanan yang baru saja diterapkan terlihat dari persentase kenaikan jumlah penumpang di bandara," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 15 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, enam hari sebelum penerapan aturan baru jumlah penumpang hanya 130.747 orang. Bahkan katanya, rata-rata penumpang saat ini mencapai 25.000 orang.
 
"Semoga ini merupakan awal baik untuk ke depannya," ungkap Wahyudi.
 
Baca juga: Bayi 15 Bulan Jadi Korban Kekerasan Seksual Orang Misterius
 
Pada periode yang sama pergerakan pesawat tercatat sebanyak 1.149 pergerakan. Angka tersebut naik sebesar enam persen dibandingkan dengan minggu lalu yang hanya sebanyak 1.081 pergerakan.
 
"Untuk kargo, tercatat sebanyak 1.596 ton naik 12% dibandingkan dengan minggu lalu yaitu sebanyak 1.404 ton," jelasnya. 
 
Saat ini Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar masih mengoperasikan 4 Boarding Gate dari total 6 Boarding Gate. Apabila ada penumpukan penumpang, Boarding Gate 5-6 akan dibuka sebagai mitigasi untuk mengurai penumpang di Ruang Tunggu. 
 
Hal itu dilakukan guna memaksimalkan penggunakan Boarding Gate, pihak bandara juga akan berkoordinasi dengan maskapai terkait operasional counter check in agar tidak menimbulkan penumpukan penumpang pada saat check in. 
 
Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran covid-19 pihak bandara mengimbau kepada calon penumpang untuk mengisi terlebih dahulu EHAC pada aplikasi peduli lindungi untuk melakukan pengecekan status layak terbang sehari sebelum keberangkatan. 
 
"Jika layak terbang (warna hijau), penumpang bisa langsung melakukan check in di counter check in," ujarnya. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif