Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Bos Damtour Sebut Uang Calon Jemaah Dibawa Agen

Nasional Penipuan Haji dan Umrah
Octavianus Dwi Sutrisno • 17 September 2019 08:09
Depok: Direktur PT Damtour, Hambali Abbas, mengaku tidak berniat menipu calon jemaah umrah yang telah menyetorkan uang untuk berangkat ke Tanah Suci. Uang setoran disebut dibawa kabur oknum agen.
 
"Ada kurang lebih 200 orang (hendak diberangkatkan). Klien kami tidak serta merta hendak menipu. Berdasarkan penuturan dia (Hambali) uang nasabah dibawa oknum agen," ucap Kuasa hukum Hambali, Mukhlis Effendi, di Mapolresta Depok Senin 16 September 2019.
 
Muklish menerangkan soal kantor yang ditutup, kata dia, kliennya sedang berupaya untuk tetap memberangkatkan calon jemaah. Sehingga tidak ada maksud menghilang dari tanggung jawab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semula ingin memberangkatkan dengan mencicil. Tapi terbentur masalah hukum, ya terpaksa tertunda. Tapi kita akan membela hak dia dan meminta polisi memanggil agen yang membawa uang klien kami sebagai saksi untuk meringankan bebannya," tegasnya.
 
Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah, menduga modus Hambali tak berbeda dengan agen umrah First Travel. Dia mengungkap metode tambal sulam yang dilakukan PT Damtour serupa yakni dengan promo umrah murah Rp11 juta - Rp25 juta.
 
"Jadi awalnya spekulasi, ada tiket promo (versi tersangka). Kemudian dia booking. Tapi saat pemberangkatan tiket promo tidak ada. Akhirnya dia tambal sulam, ada yang setor yang daftar duluan akan berangkat, tapik akan menumpuk," jelasnya.
 
Kasus terungkap bermula dari laporan korban yang telah menyetor Rp600 juta pada 2017, namun tak kunjung berangkat. Informasi yang dihimpun polisi, jasa layanan umrah PT Damtour dilakukan sejak 2016 hingga 2018.
 
Penyidik membutuhkan waktu enam bulan untuk penyelidikan. Walhasil pada Minggu, 15 September 2019, polisi menangkap tersangka Hambali di kediamannya di Jalan Proklamasi, Depok, Jawa Barat.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif