Direktur biro perjalanan haji dan umrah PT Damtour, Hambali Abbas. (Foto: Dok./Istimewa)
Direktur biro perjalanan haji dan umrah PT Damtour, Hambali Abbas. (Foto: Dok./Istimewa)

PT Damtour Diduga Tipu Calon Jemaah Sejak 2017

Nasional Penipuan Haji dan Umrah
Octavianus Dwi Sutrisno • 16 September 2019 17:11
Depok: Bos biro perjalanan haji dan umrah PT Damtour Hambali Abbas disebut telah melancarkan aksi penipuan umrah sejak 2017. Hambali mengimingi harga murah untuk menjerat calon-calon korban.
 
"Harga paketannya sekitar Rp11 juta sampai Rp25 juta. Itu yang membuat masyarakat tertarik dan menyetorkan uang mereka," ucap Kapolresta Depok AKBP Azis Andriansyah di Mapolresta Depok, Senin, 16 September 2019.
 
Kurun waktu dua tahun 200 orang calon jemaah umrah menjadi korban. Setelah menyetorkan sejumlah uang, korban tak kunjung diberangkatkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kantor PT Damtour yang berada di Jalan Tole Iskandar Nomor 6-7, Cilodong, Kota Depok, juga telah ditutup. Hambali Abbas selaku direktur perjalanan haji dan umrah pun memilih melarikan diri.
 
"Keberadaan tersangka juga tidak diketahui. Akhirnya (korban) melapor kepada kami. Yang bersangkutan sempat buron setelah melakukan penipuan tersebut," bebernya.
 
Kini, Hambali masih menjalani proses penyelidikan di Reserse Kriminal Khusus Mapolresta Depok. Akibat perbuatannya, ratusan calon jemaah diperkirakan merugi hingga Rp4 miliar.
 
"Kurang lebih enam bulan, kami mengejar pelaku dan akhirnya berhasil kita tangkap," ungkapnya.
 
Azis mengingatkan masyarakat berhati-hati dengan iming-iming umrah atau haji murah. Sebab Kementerian Agama telah menetapkan harga standar perjalanan umrah paling murah sebesar Rp22 juta.
 
"Nah ini kan dia menawarkan murah sekali sekitar Rp11 juta dipastikan itu penipuan," pungkasnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif