Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kota Malang Target Zona Kuning Covid-19 Pekan Depan

Nasional Virus Korona covid-19 zona covid-19
Daviq Umar Al Faruq • 21 Oktober 2020 14:34
Malang: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menargetkan Kota Malang menjadi kawasan zona kuning penyebaran covid-19 di Jawa Timur. Saat ini, Kota Malang masih berada di zona oranye.
 
"Target masuk zona kuning mudah-mudahan minggu depan," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, di Malang, Jawa Timur, Rabu, 21 Oktober 2020.
 
Sutiaji berterima kasih kepada masyarakat, pemangku kepentingan, dan seluruh komponen di Kota Malang yang terus meliterasi tentang pentingnya disiplin penanganan covid-19. Sebab, disiplin dapat menjadi efek domino, bahwa kehidupan masyakarat mulai ada kenormalan baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tinggal sekarang dipertahankan atau tidak itu tergantung dari masyarakat. Jadi kita tidak boleh terlena. Kita jangan terlena dengan zona oranye, karena tidak menutup kemungkinan, mudah-mudahan tidak terjadi, seperti daerah lain yang sudah oranye menjadi merah lagi," bebernya.
 
Oleh karena itu, Sutiaji meminta seluruh pihak ikut bekerjasama dan mempertahankan zona oranye. Apalagi, tingkat kesembuhan pasien covid-19 di Kota Malang sebesar 87 persen.
 
Baca: Berkunjung ke Banda Aceh, Wisatawan Wajib Punya Surat Bebas Covid-19
 
"Tingkat kesembuhan akan kita tingkatkan terus, melalui, usaha preventif kita, dan promotif kita mulai jalan," ujarnya.
 
Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif, mengatakan ada beberapa indikator yang harus dicapai untuk menuju target zona kuning. Yakni dari sisi epidemologi, kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan.
 
"Ini yang akan memberikan bobot penilaian untuk bergeser ke zona kuning," katanya.
 
Selain itu, ada tiga prioritas lain yang juga harus diperhatikan. Yakni, menurunkan positif rate, meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian.
 
"Saat ini, rate positif masih tinggi, harusnya di bawah lima persen. Kota Malang masih di atas itu. Angka kematian juga masih lebih dari tiga persen," bebernya.
 
Baca: Jelang Libur Panjang, Pemkot Yogyakarta Optimalisasi Protokol Kesehatan
 
Pria yang juga menjabat sebagai Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Malang itu menambahkan, untuk menekan angka positif rate, pihaknya akan meningkatkan testing covid-19 di Kota Malang.
 
"Serta, meingkatkan angka kesembuhan. Apalagi, warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah harus bergeser ke safe house," imbuhnya.
 
Dia menerangkan, angka kesembuhan menunjukkan pertumbuhan positif. Hingga kini, angka kesembuhan hampir mencapai 88 persen. Pihaknya optimistis Kota Malang bisa mencapai zona kuning pekan depan.
 
"Kami upayakan dari apa yang bisa dilakukan. Seperti peningkatan testing hingga berbagai upaya untuk meningkatkan angka kesembuhan," jelasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif