Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. (Foto: Istimewa)
Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. (Foto: Istimewa)

Aceh Terbebas dari Status Zona Merah Covid-19

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 zona covid-19
Fajri Fatmawati • 11 November 2020 10:33
Banda Aceh: Satuan tugas (Satgas) covid-19 Provinsi Aceh menyatakan wilayahnya terbebas dari status zona merah. Bireuen dan Aceh Singkil yang sebelumnya berstatus zona merah, kini menjadi zona oranye.
 
Juru bicara Satgas covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan hal tersebut berdasarkan data covid-19 per 10 November 2020. Bahkan Aceh Timur, Aceh Barat Daya, dan Aceh Tenggara, kini menjadi zona kuning.
 
“Aceh bebas zona merah di hari pahlawan kemarin karena Aceh Singkil dan Bireuen sudah menjadi zona oranye, dengan potensi risiko peningkatan kasus covid-19 tingkat sedang,” kata Saifullah, Rabu, 11 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Saifullah, Pemerintah Kabupaten Bireuen dan masyarakat bekerja keras dalam tiga minggu terakhir untuk mengubah situasi pandemi daerah itu dari zona merah menjadi zona oranye.
 
Baca juga:Merapi Mengeluarkan Guguran Lava Sejauh 700 Meter
 
"Peran serta masyarakat menjalankan protokol kesehatan yang difasilitasi pemerintah setempat sangat mempengaruhi hasil tersebut," ujarnya.
 
Peta zonasi risiko covid-19 Aceh pekan ini yakni, zona risiko rendah (zona kuning) meliputi Kabupaten Aceh Timur, Aceh Barat Daya, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Sedangkan 20 kabupaten/kota lainnya merupakan zona risiko sedang (zona oranye) peningkatan kasus covid-19.
 
“Kita bersyukur dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat dan satgas covid-19 di tiga kabupaten/kota zona kuning. Sebelumnya ketiga daerah tersebut zona oranye. Selangkah lagi insyaallah menjadi zona hijau,” jelasnya.
 
Sementara itu, jumlah kasus covid-19 Aceh secara akumulatif sejak kasus konfirmasi pertama pada 27 Maret 2020, mencapai 7.719 orang, sedang dalam perawatan 1.220 orang, sembuh 6.217 orang, dan meninggal 282 orang.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif