Petugas melakukan swab test di Kupang, NTT. (Foto: MI/Palce Amalo)
Petugas melakukan swab test di Kupang, NTT. (Foto: MI/Palce Amalo)

Tenaga Medis Positif Covid-19, 3 Puskesmas di Kupang Ditutup

Nasional Virus Korona Pasien Covid-19 Pencegahan Covid-19
Media Indonesia.com • 22 November 2020 11:20
Kupang: Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menutup sementara tiga puskesmas setelah sejumlah tenaga medis terjangkit covid-19. Tiga Puskemas yang tutup ialah Oepoi, Oebobo, dan Sikumana.
 
Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man mengatakan telah melakukan swab test massal terhadap seluruh tenaga medis di seluruh Puskemas. Hasilnya ada tenaga medis di tiga dari 11 Puskesmas yang positif covid-19.
 
"Tiga Puskesmas sudah kena covid-19, kita tidak bisa tinggal diam," kata Hermanus, Minggu, 22 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hermanus mengungkapkan pelayanan masyarakat di tiga puskesmas itu sementara dihentikan dan warga diminta berobat ke fasilitas kesehatan lainnya.
 
Ia melanjutkan, kegiatan pesta di masyarakat yang sebelumnya diizinkan juga akan dilarang.
 
"Saya koordinasi dengan Kapolres untuk tidak memberikan izin keramaian pesta pernikahan dalam bentuk apa pun, kecuali kedukaan," tegasnya.
 
Baca juga:383 Warga Lereng Merapi Masih Bertahan di Pengungsian
 
Selain melarang kegiatan pesta, Hermanus juga kembali mengingatkan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan dengan sabun.
 
Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan NTT David Mandala mengatakan pasien positif covid-19 yang dirawat di Kota Kupang mencapai 192 orang hingga Sabtu malam, 21 November 2020.
 
Kasus baru terus bertambah lewat transmisi lokal dan pelaku perjalanan. Pada Sabtu terjadi tambahan 14 kasus baru di NTT, 12 kasus di antaranya berasal dari Kota Kupang, sedangkan dua kasus masing-masing berasal dari Lembata dan Sumba Timur.
 
Pasien sembuh juga bertambah sebanyak tujuh orang berasal dari Kota Kupang tiga orang, dan Sumba Timur empat orang. "Total pasien sembuh di NTT 655 orang atau 68,17 persen dari 962 kasus," ujarnya. (Palce Amalo)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif