Tampak visual Gunung Soputan, dari pos pemantau pada Minggu, 16 Desember 2018, pukul 15.38 Wita. Istimewa/Pos Pemantau Gunung Soputan
Tampak visual Gunung Soputan, dari pos pemantau pada Minggu, 16 Desember 2018, pukul 15.38 Wita. Istimewa/Pos Pemantau Gunung Soputan

Enam Kecamatan Dihujani Abu Gunung Soputan

Nasional gunung meletus erupsi gunung
Mulyadi Pontororing • 16 Desember 2018 14:56
Manado: Sedikitnya enam kecamatan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, dilaporkan terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Soputan pada Minggu, 16 Desember 2018. Enam kecamatan itu ialah Kecamatan Tombatu Utara, Tombatu Timur, Pasan, Ratahan, Belang dan Ratatotok.

"Abu cukup tebal itu ada di tiga kecamatan yakni Tombatu Utara, Tombatu Timur dan Pasan. Sementara lainnya tipis," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Minahasa Tenggara Erick Manaroinsong saat dihubungi Medcom.id, Minggu siang.

Menurutnya, sejak meletus sekira pukul 01.00 Wita tadi, setidaknya sudah terjadi lima kali letusan hingga pukul 08.00 Wita. Pemkab Minahasa Tenggara dibantu TNI dan Polri terus melakukan pengawasan di pos pemantau untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kita juga terus mengimbau warga agar tidak beraktivitas di radius empat kilometer dari puncak gunung untuk keselamatan," pungkasnya. Baca: Lava Gunung Soputan Mengalir ke Timur

rupsi Gunung Soputan, di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, masih berlangsung. Lava mengalir dan erupsi terus terjadi walau ketinggian kolom abu yang dilontarkan gunung menurun.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Soputan Asep Saifuloh mengatakan tremor letusan masih terus terjadi dengan dengan maksimum 40 milimeter hingga pukul 13.50 Wita. Ketinggian kolom abu menurun menjadi 4,5 kilometer.

Baca: Gunung Soputan Siaga, Warga Diminta Waspada


(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi