ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

BMKG Ingatkan Warga Tak Percaya Hoaks NTT Terjadi Gempa dan Tsunami

Antara • 19 Mei 2022 15:44
Kupang: Kepala Stasiun Geofisika Kupang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Margiono mengimbau masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak terpancing informasi hoaks yang menyebutkan akan ada gempa. Kabar bohong itu juga menyebut akan ada tsunami di wilayah NTT.
 
"Masyarakat tetap tenang dan jangan terpancing dengan isu gempa dan tsunami dengan ketinggian lebih dari 3 meter di NTT," kata Margiono, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Pernyataan ini menanggapi munculnya keresahan masyarakat pesisir pantai NTT tentang informasi akan terjadi gempa yang berpotensi tsunami. Margiono mengatakan NTT sebagai wilayah yang aktif memiliki potensi gempa yang dapat terjadi kapan saja dan dalam berbagai kekuatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun, sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat terkait kapan, di mana, dan berapa kekuatannya. Karena itu BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi," ujar dia.
 
Baca: Karimunjawa Diguncang Gempa, Warga Panik Dengar Gemuruh
 
Margiono menjelaskan berdasarkan kajian para ahli bahwa zona megathrust selatan NTT memiliki potensi gempa dengan Magnitudo maksimum 8,5 magnitudo. Namun, hal itu merupakan potensi bukan prediksi sehingga tidak ada yang mengetahui kapan terjadi.
 
Ia mengajak agar berbagai pihak melakukan mitigasi struktural dan nonstruktural dengan membangun bangunan yang aman dari gempa bumi. Selain itu, menata ruang pantai yang aman dari tsunami.
 
"Kami juga mengedukasi masyarakat dalam menyelamatkan diri dari bahaya bahaya gempa bumi dan tsunami. Apabila masyarakat ingin mengetahui informasi yang jelas silahkan menghubungi BMKG melalui kontak WhatsApp 08113832687," ucap dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif