Pulau Karimun. Medcom.id/ Rhobi Shani
Pulau Karimun. Medcom.id/ Rhobi Shani

Karimunjawa Diguncang Gempa, Warga Panik Dengar Gemuruh

Rhobi Shani • 18 Mei 2022 13:24
Jepara: Gempa bumi terjadi di kepulauan Karimunjawa pada Selasa malam, 17 Mei 2022, sekitar pukul 23.08 WIB. Saat kejadian, warga di Kepulauan Karimunjawa sempat panik karena mendengar suara gemuruh.
 
Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang berpusat di 92 km barat laut Jepara tersebut terasa hingga ke Karimunjawa. Persisnya, berlokasi  di 5.79 LS,110.42 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.
 
Tingkat guncangan yang terasa hingga ke Karimun Jawa dalam guncangan yang setingkat lemah atau tingkat II sampai III. Hal tersebut diukur berdasarkan skala MMI (Modified Mercalli Intensity).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BMKG menyebut, kekuatan gempa yaitu 3,6 magnitudo itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Untuk, itu masyarakat tidak perlu khawatir meski titik gempa berasal dari tengah laut.
 
Camat Karimunjawa, Muslikin, mengaku merasakan adanya guncangan gempa tersebut. Saat kejadian, dirinya sedang ngobrol-ngobrol santai dengan warga di Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa.
 
Baca juga: Pegunungan Arfak Papua Diguncang Gempa M5,0
 
“Kaya ada gemuruh. Kerasa geser. (Suara gemuruh, red) kaya ada yang lari di bawah tanah. Angin juga tidak besar, normal saja,” kata Muslikin, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Muslikin mengungkapkan, saat terjadi guncangan, masyarakat sempat panik. Warga yang sebelumnya berada di dalam rumah langsung keluar dan saling bertanya satu sama lain.
 
“Guncangannya sekitar lima detik. Ada sebagian yang panik, terus pada keluar rumah,” imbuh Muslikin.
 
Guncangan tak hanya terasa di Pulau Kemujan. Warga di Pulau Karimun, Nyamuk, dan Parang juga merasakan getaran. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa.
 
Warga Karimunjawa, Asok, mengatakan saat gempa terjadi pihakya sedang bersama teman-temannya di luar rumah. Guncangan yang dirasakan tidak lama. Meski begitu, sejumlah warga nampak panik dengan keluar rumah.
 
“Saya pas di luar. Cuma sebentar kok,” kata Asok.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif