Ilustrasi tes urine, Ant - Jessica Helena.
Ilustrasi tes urine, Ant - Jessica Helena.

Tes Urine Calon Pengantin di Jatim Gratis

Nasional tes narkoba
Amaluddin • 17 Juli 2019 20:08
Surabaya: Tes urine bagi calon pengantin di Jawa Timur gratis. Meski demikian masing-masing calon pengantin harus membawa alat tes kit yang bisa dibeli di apotek.
 
"Jadi tes urine calon pengangin tidak dikenakan biaya alias gratis. Cukup bawa alat tes kit-nya beli di apotek, hanya itu," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Timur, Brigjen Bambang Priyambadha saat dikonfirmasi, Rabu, 17 Juli 2019.
 
Baca: Khofifah Setuju Kebijakan Calon Pengantin Tes Urine

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang menjelaskan Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Jawa Timur bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Jatim, untuk tes urine bagi calon pengantin. Hasil tes urine itu nantinya wajib dilampirkan saat mendaftar ke KUA.
 
"Kalau tesnya di BNN gratis, tapi kalau tesnya di rumah sakit biasanya berbayar, dikenakan biaya," jelas Bambang.
 
Menurut Bambang tes urine di rumah sakit terbentur aturan peraturan daerah (Perda), sehingga masyarakat yang tes urine dikenakan biaya. Namun, Bambang tidak mengetahui pasti berapa biaya tes urine di rumah sakit.
 
"Saya tidak tahu berapa biayanya untuk tes urine di rumah sakit, tapi biasanya bayar," beber Bambang.
 
Kebijakan calon pasangan pengantin di Jatim akan dberlaku mulai Agustus 2019 mendatang. Nantinya, setiap pasangan calon pengantin baru yang akan melangsungkan pernikahan diwajibkan untuk tes urine.
 
Kebijakan itu dikeluarkan oleh Kemenag RI. Tes urine untuk pasangan calon pengantin baru tersebut, dilakukan guna mengetahui apakah ada kandungan narkotika atau tidak, pada pasangan calon pengantin baru yang akan menikah.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif