LRT Palembang. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
LRT Palembang. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo

LRT Palembang Perlu Terintegrasi dengan Moda Lain

Nasional transportasi lrt
Cindy • 18 Agustus 2020 08:06
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan diminta segera mengintegrasikan light rail transit (LRT) Kota Palembang dengan angkutan umum lain. Pasalnya, LRT masih sepi penumpang.
 
"Tugas kita masih sangat banyak, pengeluaran dan pendapatan (LRT) itu sangat jauh sekali. Kita harus dukung kemajuan kota kita," kata pengamat transportasi Joni Arliansyah dalam diskusi daring, Senin, 17 Agustus 2020.
 
Menurut dia, masalah utama LRT sepi penumpang karena lokasi asal dan tujuan yang dicakup transportasi massal ini terbatas. Pemprov Sumsel perlu membuat rute angkutan umum pengumpan yang mengangkut penumpang LRT ke tujuannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rute alternatif feeder dan posisi halte perlu ditentukan dengan melihat tata ruang dan jumlah penduduk yang belum terlayani dengan angkutan umum," ucap dia.
 
Joni menjelaskan pemerintah daerah perlu mengidentifikasi akses ruas jalan yang dilalui angkutan umum. Lebar ruas jalan minimal enam sampai tujuh meter.
 
"Melihat wilayah potensial dan melihat stasiun LRT terdekat yang digunakan untuk menentukan rute angkutan umum baru," ujar dosen Universitas Sriwijaya itu.
 
Baca: Menhub Sebut Jaga Jarak di Transportasi Berdampak pada Perekonomian
 
Joni hakulyakin langkah ini bisa meningkatkan penumpang LRT. Dari semula 7 ribu orang per hari, penumpang LRT bisa bertambah menjadi 10 ribu per hari pada 2024.
 
"Untuk angkutan umum yang kira-kira sekarang 20 ribu penumpang per hari maka bisa bertambah tiga kali lipat menjadi 60 ribu penumpang per hari berkat pengembangan LRT itu," beber dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif