ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkab Rejang Lebong Ajukan Raperda Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19
Antara • 13 Januari 2021 08:53
Rejang Lebong: Pejabat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penanganan covid-19 ke DPRD setempat guna disahkan menjadi peraturan daerah.
 
Asisten I bidang Tata Pemerintahan dan Hukum Pemkab Rejang Lebong, Pranoto Majid. mengatakan draft Raperda Penanganan Covid-19 tersebut sudah diajukan akhir Desember 2020 dan tinggal menunggu pembahasan dewan sebelum disahkan menjadi Perda.
 
"Sudah kita sampaikan ke DPRD Rejang Lebong pada tanggal 29 Desember 2020 lalu, informasinya pihak DPRD Rejang Lebong sudah melakukan rapat di Banmus dan tinggal menunggu dari DPRD untuk tahap pembahasannya," kata Pranoto di Rejang Lebong, Rabu, 13 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Vaksinasi Nakes di Lampung Dibuat Tak Ganggu Pelayanan
 
Dia menjelaskan Raperda berisi sama dengan Peraturan Bupati (Perbup) Rejang Lebong No.26/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19. Namun menurutnya dalam Perda ini memuat sanksi hukum.
 
"Bedanya Perbup dan Perda terkait sanksi pidana yang dapat dikenakan kepada pelanggarnya. Kalau di dalam Perbup tidak ada sedangkan di dalam Perda itu ada sanksi pidananya yakni perbuatan tindak pidana ringan," jelas Pranoto.
 
Sanksi pidana dalam raperda yang telah mereka ajukan ini bisa berupa kurungan atau pemberlakukan denda, di mana sanksi yang akan dijatuhkan disesuaikan dengan jenis pelanggarannya.
 
Dia berharap pembahasan draft Raperda Penanganan Covid-19 dapat segera dibahas sehingga bisa disahkan dewan sehingga bisa langsung diterapkan guna menekan penyebaran covid-19 yang saat ini jumlahnya mencapai 553 kasus.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif