Ilustrasi/Shutterstock
Ilustrasi/Shutterstock

Seorang Balita di Yogyakarta Suspek Hepatitis Akut

Ahmad Mustaqim • 26 Mei 2022 16:12
Yogyakarta: Seorang balita di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diduga mengidap hepatitis akut. Apabila ini terbukti secara medis akan menjadi kasus pertama di Yogyakarta.
 
Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaning Astutie mengungkapkan laporan kasus itu diperoleh dari Kementerian Kesehatan. Ia menyatakan kasus itu masih didalami.
 
"Kasus (hepatitis akut) di Jogja masih dalam penelitian. Belum dipastikan itu hepatitis akut," kata Pembajun saat dihubungi, Kamis, 26 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan jajarannya bersama tim ahli Kementerian Kesehatan tengah melakukan pemantauan dugaan kasus hepatitis akut tersebut. Ia mengungkapkan temuan dugaan kasus itu diperoleh dari seorang pasien perempuan berusia satu tahun yang bergejala layaknya hepatitis.
 
Baca: RSUD Trenggalek Siapkan Ruang Isolasi Khusus Hepatitis Akut
 
"Pasien ini dirawat di (salah satu rumah sakit) di Sleman. Alamat (asal) pasien dari luar DIY," kata dia.
 
Pembajun menegaskan Kementerian Kesehatan belum memastikan kasus itu hepatitis akut. Pasien tersebut tengah dirawat dan sampelnya perlu dites di laboratorium.
 
Sejauh ini, ia menambahkan, pasien tersebut bertatus pending klasifikasi. Hasil valid kondisi kesehatan dan gejala menyerupai hepatitis akut itu masih dalam proses penelitian.
 
"Secara medisnya tidak terlihat (pasien terjangkit hepatitis akut). Kondisi pasien masih terus dipantau," ungkapnya. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif