Loket bus di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang.
Loket bus di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang.

Harga Tiket Bus Naik 3x Lipat Jelang Lebaran

Nasional bus Mudik Lebaran Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 27 April 2022 18:28
Tangerang: Harga tiket bus jelang puncak arus mudik Lebaran 2022, meningkat tajam di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Kenaikan tersebut terjadi hingga tiga kali lipat dari harga normal untuk bus antarkota.
 
Salah satu penumpang bus du Terminal Poris Plawad, Suparmi mengatakan, dirinya membeli tiket bus tujuan ke Wonogiri sebesar Rp470 ribu. 
 
"Naik harganya bisa sampai tiga kali lipat. Biasanya saya beli harganya Rp180 ribu, sekarang jadi Rp470 ribu," ujarnya, Rabu, 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain harga yang meningkat, Suparmi mengaku, dirinya mengalami kesulitan untuk membeli tiket di saat ini. Kesulitan itu, lanjutnya, terjadi pada pembelian dengan mendaftar secara daring.
 
"Saya kesusahan untuk belinya, enggak ngerti saya beli online. Cukup lama juga sih tadi belinya, beruntung tadi sempat dibantu petugasnya," katanya. 
 
Baca juga: Arus Mudik di Ajibarang Banyumas Masih Landai
 
Salah satu pegawai agen bus yang ada di Terminal Poris Plawad, Subandi menjelaskan, adanya kenaikan tiket itu menjadi hal yang biasa terjadi mendekati lebaran. Tapi, kata Subandi, dirinya tidak tahu persis faktor penyebab adanya kenaikan harga tersebut.
 
"Saya hanya pegawai, yang menentukan harga kan dari pengusaha bus. Tapi emang setiap kelas harganya berbeda-beda. Mulai dari paling murah Patas AC hingga yang Super Eksekutif," kata Subandi.
 
Sementara, menurut Kepala Terminal Poris Plawad Alwien Athena Alwie, pihaknya tidak bisa menahan kenaikan harga tiket tersebut. Kenaikan tiket bus terjadi bertahap. 
 
"Di Terminal Poris Plawad naiknya bertahap, enggak langsung. Menyesuaikan. Tarif itu tergantung dari perusahaan bus masing-masing. Kalau yang saya pantau sampai saat ini, terjadi kenaikan," singkat Alwien.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif