Antrean kendaraan saat hendak memasuki kapal di Pelabuhan Merak Banten.
Antrean kendaraan saat hendak memasuki kapal di Pelabuhan Merak Banten.

ASDP Tambah Kapal Bertonase Besar di Merak Antisipasi Lonjakan Pemudik

Nasional Mudik Lebaran Pelabuhan ASDP Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Hendrik Simorangkir • 28 April 2022 16:16
Tangerang: Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten diprediksi terjadi pada Kamis, 28 April 2022 malam atau H-4 lebaran. PT ASDP Indonesia Ferry menambah kapal untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.
 
"Antisipasi yang dilakukan, antara lain melakukan penambahan kapal di lintas Merak-Bakauheni dari 29 menjadi 40 unit kapal, penambahan trip, pengoperasian kapal berukuran di atas 10.000 GRT," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, Kamis, 28 April 2022. 
 
Shelvy menuturkan, pihaknya telah melakukan percepatan waktu bongkar muat yang menjadi penyebab penumpukan kendaraan. Pasalnya, pihak kepolisian telah melakukan diskresi dengan membuat sistem buka tutup di jalur Cikuasa Atas atau setelah exit tol Merak, akibat penumpukan kendaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jasa yang mengalami antrean lama saat menuju pelabuhan maupun saat akan naik kapal. Kami terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait agar kejadian tersebut tidak terulang lagi, dan juga terus meningkatkan layanan. Beberapa langkah antisipasi akan kita lakukan untuk menghadapi potensi antrian yang signifikan saat puncak arus mudik," jelasnya.
 
Baca: Antisipasi Lonjakan Jadwal Penyeberangan ke Karimunjawa Ditambah
 
Shelvy mengimbau kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan yang akan melakukan perjalanan mudik dengan kapal feri, terutama di lintas Merak-Bakauheni, agar mengatur waktu perjalanan dan melakukan reservasi tiket secara mandiri.
 
"Mohon atur perjalanan sedini mungkin untuk hindari antrean di pelabuhan. Untuk pengguna layanan eksekutif Merak-Bakauheni pastikan anda tiba di pelabuhan sesuai jam masuk pelabuhan yang dipilih mengingat kuota terbatas. Adapun waktu check in di pelabuhan 3 jam sebelum jadwal masuk pelabuhan," jelasnya.
 
Selain itu, Shelvy menambahkan pengguna jasa agar tetap menjaga stamina kesehatan baik pengemudi maupun kendaraan, patuhi protokol kesehatan di mana pun berada, dan tetap mewaspadai potensi cuaca buruk. Kerjasama dan kesadaran seluruh pengguna jasa dan petugas di lapangan sangat penting, agar perjalanan arus mudik maupun balik dengan kapal feri, tetap berjalan lancar, aman, dan selamat. 
 
"Kami juga mohon pengertian pengguna jasa, agar tetap bersabar dan disiplin dalam mengatur waktu perjalanan karena menjelang puncak arus mudik, volume pemudik dan kendaraan terus meningkat khususnya pada malam hingga dini hari sehingga berdampak pada antrian saat akan menuju ke kapal," katanya. 

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif