Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Sleman Siapkan Rapid Test Klaster Swalayan

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 12 Mei 2020 09:22
Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memfasilitasi pengunjung swalayan Indogrosir, Sleman, menjalani rapid tes. Sebanyak 1.500 kuota disiapkan untuk tes cepat (rapid test) korona (covid-19).
 
"Sampai laporan terakhir yang diberikan pada saya sudah ada sekitar 1.375 pendaftar rapid test untuk klaster Indogrosir, dari 1.500 kuota yang kami siapkan," kata Bupati Sleman, Sri Purnomo di Yogyakarta, Senin, 11 Mei 2020.
 
Terbaru, sebanyak 1.750 pendaftar tes cepat di Sleman. Pada proses seleksi, 1.422 memenuhi persyaratan, dan 328 pendaftar tak penuhi syarat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, tes cepat dilakukan pada Selasa, 12 Mei 2020. Ia menyatakan, dalam sehari pelaksanaan dijadwalkan 500 pendaftar.
 
Sri menerangkan pendaftar yang reaktif korona (covid-19) langsung dikarantina di Asrama Haji.
Daya tampung asrama itu sekitar 156 orang.
 
"Kami berharap yang reaktif tidak banyak. Jangan sampai lebih dari lima persen. Untuk yang reaktif akan kami lakukan swab tes," ujarnya.
 
Baca: 17 Warga Gunungkidul Reaktif Covid-19
 
Sementara itu, kata dia, wilayahnya belum perlu mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Meskipun jumlah kasus covid-19 di wilayahnya tertinggi di DIY, yakni 58 kasus.
 
"Kami masih tangani covid-19 secara masif. Tracing juga terus dilakukan, termasuk bagi lingkungan pasien yang telah dinyatakan positif covid-19," ujarnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo, mengatakan, tracing klaster Indogrosir sangat memungkinkan temuan pasien baru kasus covid-19. Dia mengaku jajarannya telah lakukan antisipasi.
 
"Tidak hanya Asrama Haji, kami juga memastikan kapasitas rumah sakit di Sleman untuk menampung pasien covid-19. Dari kejadian ini, ada sisi positifnya juga karena bisa segera diketahui, sebelum semakin menyebar," ujar Joko.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif