Satgas Covid-19 di Kabupaten Mojokerto menggelar disinfeksi massal. (Dok: Humas Polres Mojokerto)
Satgas Covid-19 di Kabupaten Mojokerto menggelar disinfeksi massal. (Dok: Humas Polres Mojokerto)

Kasus Covid-19 Melonjak Dalam Sepekan, Mojokerto Disinfeksi Semua Wilayah

Amaluddin • 24 Juni 2021 15:58
Mojokerto: Satgas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menggelar disinfeksi massal. Penyemprotan cairan disinfektan digelar selama satu pekan untuk memutus penyebaran covid-19 yang kian melonjak.
 
Disinfektan disemprotkan menggunakan mobil pemadam kebakaran (PMK) dan water cannon di pusat-pusat keramaian. Penyemprotan juga dilakukan di permukiman padat penduduk di Kelurahan Kauman, Kecamatan Mojosari. 
 
"Sasaran penyemprotan seluruh wilayah kecamatan. Muspika dan tiga pilar desa serentak melakukan penyemprotan," kata Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander, dalam keterangan resminya, Kamis, 24 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kecamatan Mojosari menjadi wilayah pertama dilakukan penyemprotan disinfektan. Pasalnya, Ibu kota Kabupaten Mojokerto ini menjadi satu dari enam kecamatan zona oranye penyebaran covid-19. 
 
Terdapat 172 warga setempat yang terpapar covid-19. Saat ini terdapat empat kasus aktif, satu pasien meninggal, dan 167 pasien sembuh.
 
Selain Mojosari, terdapat lima kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang juga menjadi zona oranye atau kategori sedang penularan covid-19. Yakni Kecamatan Pungging 182 kasus, Bangsal 247 kasus, Puri 202 kasus, Sooko 227 kasus, serta Mojoanyar 181 kasus.
 
Dony menjelaskan, Satgas Covid-19 Kabupaten Mojokerto juga memaksimalkan
pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)  skala mikro. Testing, tracing, dan treatment (3T) serta protokol kesehatan 5M ditingkatkan sampai level rukun tetangga (RT). 
 
Baca: 12 Santri di Perum Puri Nirwana Malang Positif Covid-19
 
"Masyarakat yang punya hajatan, kami imbau supaya mengajukan permohonan ke satgas. Akan kami telaah, kami cek. Kalau tak mematuhi prokes kami bubarkan," saran dia. 
 
Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengakui kasus covid-19 di wilayahnya terus melonjak dalam sepekan terakhir. Selain mengoptimalkan PPKM skala mikro, pihaknya juga akan meningkatkan tracing
 
"Terutama tracing kami giatkan lagi dengan target yang lebih besar," katanya.

 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif