Ilustrasi Pexels
Ilustrasi Pexels

RSUD Wangaya Denpasar Siapkan Ruangan Khusus Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut

Nasional pulau bali penyakit menular Dinas Kesehatan Hepatitis Akut
Media Indonesia • 04 Mei 2022 15:14
Denpasar: Penyakit hepatitis akut hingga kini belum diketemukan muncul di Kota Denpasar. Meski demikian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya Denpasar bersiaga menyiapkan ruangan perawatan khusus jika penyakit tersebut ditemukan.
 
"Sampai saat ini belum ada ditemukan penyakit hepatitis akut di Denpasar. Tadi saya sudah sempat bicara dengan Direktur RSUD Wangaya," ujar Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi Rabu, 4 Mei 2022.
 
Mengutip Direktur RSUD Wangaya, Dewa Rai mengatakan pasien penderita hepatitis yang ditangani selama ini gejalanya seperti umumnya hepatitis A, B dan C.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk memastikan apakah itu hepatitis akut tentunya harus melalui pemeriksaan laboratorium di Jakarta," ujar Dewa Rai.
 
Baca: Dinkes Kota Bandung Minta Masyarakat Melapor Ada Gejala Hepatitis
 
Agar tidak sampai muncul hepatitis akut di Denpasar, Dewa Rai mengharapkan masyarakat agar tetap menerapkan hidup bersih dan termasuk menjaga kebersihan lingkungan. Seperti mencegah DBD dan Cikungunya.
 
Sementara itu untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Cikungunya, Kelurahan Padangsambian bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Denpasar melaksanakan fogging. Lurah Padangsambian, Alit Artika mengatakan kegiatan fogging difokuskan di wilayah Gang Buana Listrik, Lingkungan Merta Buana, dan Kelurahan Padangsambian.
 
"Kegiatan fogging di wilayah kami ini difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Denpasar dengan melibatkan serta menerjunkan Koordinator Jumantik (juru pemantau jentik) di lapangan," kata Artika.
 
Artika juga menggencarkan sosialisasi agar masyarakat berperan aktif melakukan gerakan 3M, yakni menutup, menguras dan mengubur barang bekas yang berpotensi sebagai sarang nyamuk. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif