Kepala Bidang Peguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Ferry Yudha Adi Darma. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Kepala Bidang Peguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Ferry Yudha Adi Darma. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

34 Ribu Warga Jepara Segera Terima BLT

Nasional Virus Korona
Rhobi Shani • 12 Mei 2020 15:06
Jepara: Sebanyak 34 ribu lebih kepala keluarga (KK) warga Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bakal menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD). Anggaran DD yang terserap untuk jaring pengaman sosial (JPS) sebesar Rp137,5 miliar.
 
Kepala Bidang Peguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Ferry Yudha Adi Darma, mengatakan, berdasarkan pagu maksimal DD yang diterima Kabupaten Jepara, mestinya ada 45 ribu KK penerima JPS BLT yang bersumber dari DD. Lantaran tidak semua desa di Bumi Kartini dapat mengalokasikan maksimal, sehingga DD untuk JPS hanya terserap untuk 34 ribu KK.
 
“Saya contohkan Desa Bucu, warga yang menerima BLT dari DD hanya 20, karena sebagian besar warganya sudah menerima bantuan dari pemerintah pusat. Perhitungan kami kalau maksimal se-kabupaten ada 45 ribu KK,” ujar Ferry, Selasa, 12 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Makassar Rapid Test Pedagang di 4 Pasar Tradisional
 
Saat ini Dinsospermades Kabupaten Jepara, tengah menunggu laporan Peraturan Petinggi (kepala desa) berkait penerima BLT DD. Dari 184 desa, baru 70 desa yang sudah menyerahkan Peraturan Petinggi berisi daftar warga penerima manfaat.
 
“Kalau desa sudah setor semua nama-nama, akan kami serahkan ke Bank BRI untuk dibuatkan buku rekening dan kartu ATM (anjungan tunai mandiri). Juga surat perintah pencairan ke bank, karena anggaran DD sudah ada di rekening kas desa masing-masing,” kata Ferry.
 
Penerima BLT dari DD akan mendapat uang Rp600 ribu tiap bulan selama tiga bulan pada masa pandemi virus korona. Bantuan uang akan disalurkan melalui rekening bank yang telah disiapkan untuk penerima.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif