Ilustrasi--Perajin ukir Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Ilustrasi--Perajin ukir Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Pengusaha Mebel Minta Kenaikan Upah 8,51 Persen Maksimal

Nasional upah
Rhobi Shani • 24 Oktober 2019 14:44
Jepara: Pengusaha mebel di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, meminta kenaikan upah minimum sebesar 8,51 persen sebagai angka maksimal. Kenaikan upah diharapkan tak menguntungkan salah satu pihak.
 
"Acuan (kenaikan upah) harus benar-benar dilihat. Jangan sampai niatnya meningkatkan UMKM (usaha mikro kecil menengah) malah jadi memberatkan. Karena biasanya pekerja tidak melihat dari sisi usaha," ujar Ketua Kadin Jepara Andang Wahyu Trianto, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Andang mengingatkan kenaikan UMK mesti sesuai aturan. Sebab tahun lalu, kenaikan upah di Jepara justru lebih tinggi dari yang ditetapkan pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Berbicara di Jepara, kenaikan menjadi di angka Rp2 juta itu susah. Kasihan (pengusaha) furnitur terutama yang di UMKM,” kata Andang.
 
Senada, pengusaha mebel Ahmad Faozi pun meminta agar kenaikan upah hanya dihitung dihitung berdasarkan pada data inflasi pertumbuhan ekonomi nasional. Selaras dengan PP Pengupahan Nomor 78 Tahun 2015 pasal 44 ayat 1 dan 2.
 
“Kenaikan upah sudah diatur dengan indikator dan parameternya jelas. Melihat di sektor industri mebel kenaikan melebihi ketentuan pemerintah itu cukup berat,” ungkap Faozi.
 
Menurut Faozi, industri mebel di Kota Ukir ada yang masuk kategori formal dan informal. Industri mebel kategori formal dapat mengikuti mekanisme pengupahan yang ditetapkan pemerintah. Sementara industri mebel informal, mekanisme pengupahan menyesuaikan dengan UMK.
 
“Perhitungannya tingkat upah di kabupaten dibagi rata-rata jumlah hari kerja,” kata Faozi.
 
UMK 2019 di Kota Ukir berada pada angka Rp1.879.031. Jika UMK tahun depan naik 8,51 persen, UMK Kabupaten Jepara pada 2020 mencapai Rp2 juta.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif