Peserta SMN asal Kaltim yang akan diberangkatkan ke Banten (Foto:Dok.Pupuk Indonesia)
Peserta SMN asal Kaltim yang akan diberangkatkan ke Banten (Foto:Dok.Pupuk Indonesia)

Kaltim dan Banten Lakukan Pertukaran Pelajar Selama Sepekan

Nasional pupuk indonesia
M Studio • 16 Agustus 2016 00:06
medcom.id, Jakarta: PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Hutama karya (Persero) melaksanakan beberapa program BUMN Hadir Untuk Negeri, salah satunya adalah program Siswa Mengenal Nusantara (SMN).
 
SMN merupakan program tahunan Kementerian BUMN dalam rangka peringatan 71 tahun Indonesia Merdeka. Kegiatan tersebut berupa Pertukaran Pelajar Antar Provinsi.
 
Pada kegiatan pertukaran pelajar, Pupuk Indonesia bersama Pupuk Kalimantan Timur dan Hutama Karya melepas dan menyambut siswa-siswi yang menjadi peserta SMN. Sesuai arahan Menteri BUMN, Pupuk Indonesia bersama Pupuk Kalimantan Timur dan Hutama Karya ditunjuk sebagai penanggung jawab pelaksana program BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Kalimantan Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia (persero) Tossin Sutawikara mengatakan, melalui kegiatan Siswa mengenal Nusantara (SMN) para pelajar yang ikut serta dapat memahami dan saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain.
 
"Ini agar mereka mengerti bahwa perbedaan adalah sebuah kekayaan bangsa yang wajib disyukuri dan dikelola untuk menjadi kekuatan bangsa, serta dapat memberikan wawasan kebangsaan nantinya," Kata Tossin.
 
Direktur SDM dan Umum PT Pupuk Kalimantan Timur, Meizar Effendi mengungkapkan, total siswa-siswi yang diberangkatkan sebanyak 20 pelajar pilihan. Dua di antaranya adalah siswa disabilitas dari Provinsi Kalimantan Timur ke Provinsi Banten, dan menerima kedatangan 20 siswa-siswa pilihan dari Provinsi Banten.
 
"Pelaksanaan pertukaran pelajar ini berlangsung pada 7-14 Agustus 2016, untuk mempelajari masing-masing kebudayaan," ucapnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya, Sigit Roestanto, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pertukaran pelajar ini peserta diberikan pembekalan-pembekalan sebelum diberangkatkan.
 
"Sebelum berangkat, selama 4 hari peserta telah dibekali dengan berbagai materi yang dibutuhkan siswa," tutur Sigit.
 
Total peserta SMN yang berangkat menuju Banten berasal dari Bontang (7 orang), Kutai Kartanegara (3 orang), Paser (4 orang) dan Samarinda (6 orang). Seluruh peserta diseleksi dengan ketat karena selama pertukaran ini, para pelajar tidak akan diinapkan di kamar hotel, melainkan di rumah-rumah penduduk. Diharapkan, para pelajar dapat berinteraksi langsung dengan penduduk, merasakan kehidupan di daerah pertukaran, dan memahami budaya setempat.
 
Tossin menambahkan, "Dengan pengalaman yang mereka dapat selama didaerah, minimal akan disebarkan di lingkungannya kelak."
 
Selain program Siswa Mengenal Nusantara, PT Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim dan Hutama Karya juga menjalankan program BUMN Hadir Untuk Negeri lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah Bedah Rumah Veteran sebanyak 50 rumah, penyediaan jaringan listrik, pembangunan MCK dan pengadaan air bersih, pembinaan Narapidana, pembinaan mantan atlet nasional, nonton bareng dalam rangka edukasi, jalan sehat, pasar murah, dan akan melaksanakan pembuatan tempat penitipan anak.
 
Keseluruhan acara tersebut akan disimboliskan pada upacara peringatan HUT RI ke-71 di Stadion Mulawarman, milik Pupuk Kaltim di Bontang Kalimantan Timur.
 
Kaltim dan Banten Lakukan Pertukaran Pelajar Selama Sepekan
 

(ROS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif