PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai koordinator pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri, menggelar acara jalan sehat #AyoBerjalan bersama empat BUMN lainnya (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)
PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai koordinator pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri, menggelar acara jalan sehat #AyoBerjalan bersama empat BUMN lainnya (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Sambut HUT ke-72 RI, Pupuk Indonesia dan 4 BUMN Gelar Jalan Sehat

Nasional pupuk indonesia
Anindya Legia Putri • 14 Agustus 2017 10:30
medcom.id, Jakarta: Menyambut peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia (RI), lima perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara jalan sehat #AyoBerjalan dalam rangkaian BUMN Hadir untuk Negeri 2017.
 
Kelima perusahaan BUMN tersebut ialah PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai koordinator pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero).
 
Kegiatan jalan sehat #AyoBerjalan yang diselenggarakan pada Minggu, 13 Agustus 2017, di Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, ini diikuti sekitar 5 ribu peserta. Mereka tak hanya dari pegawai BUMN saja, melainkan juga masyarakat umum, 155 anak penyandang autis, peserta SMN, Komunitas Anak Jalanan, dan Komunitas Cosplay Nusantara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, Staf khusus Menteri BUMN Ahmad Bambang, Dirut PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat.
 
"Sebagaimana telah dicanangkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dalam dua tahun terakhir ini, dalam Program BUMN Hadir untuk Negeri, tujuannya selain untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, juga untuk mendapatkan aspirasi apa yang harus didukung oleh BUMN ke depannya. Khususnya dalam peringatan 17 Agustus, di setiap provinsi di Indonesia, masing-masing perusahaan BUMN mendapatkan tugas untuk mengkoordinasi kegiatannya. Khusus di Jakarta, terdapat lima BUMN, yang dikoordinir oleh PT Pupuk Indonesia," ujar Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, ditemui Metrotvnews.com, di lokasi acara.
 
Sambut HUT ke-72 RI, Pupuk Indonesia dan 4 BUMN Gelar Jalan Sehat
Tak kurang dari 5 ribu peserta mengikuti kegiatan jalan sehat #AyoBerjalan (Foto:Dok)
 
Kegiatan jalan sehat dimulai pukul 06.00 WIB dengan lokasi start dari Gedung Sarinah, melintasi Bundaran HI, Patung Kuda, dan kembali ke Sarinah. Rute yang ditempuh peserta tak kurang lebih 5 kilometer. Acara jalan sehat turut dimeriahkan kegiatan pengenalan budaya nusantara, seperti medley tarian nusantara, fashion show batik nasional, pembacaan puisi Bhinneka Tunggal Ika, Tabuh Kendang Nusantara, dan pentas seni musik.
 
Dalam kegiatan tersebut terdapat juga Pameran foto-foto persembahan ANRI, serta penandatanganan MoU kerja sama antara Sarinah dengan Bupati Trenggalek, serta penyerahan bantuan beasiswa kepada Rumah Autis dari Perusahaan Pengelola Aset dan pameran mitra binaan BUMN yang menampilkan kerajinan dan cinderamata dari beberapa daerah di Tanah Air yang dibina oleh Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Industrial Estate (JIEP), Pupuk Indonesia (PI) dan Perusahaan Pengelola Aset (PPA).
 
Sambut HUT ke-72 RI, Pupuk Indonesia dan 4 BUMN Gelar Jalan Sehat
Momen usai penandatanganan MoU kerja sama antara Sarinah dengan Bupati Trenggalek (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)
 
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat menjelaskan bahwa kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri merupakan kali ketiga sejak dilangsungkan pertama kali pada 2015. Melalui kegiatan ini, Aas berharap BUMN dapat terus bersinergi agar kehadiran BUMN dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
 
"BUMN adalah agen pembangunan. Lewat kegiatan jalan sehat ini, Kementerian BUMN berupaya menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat. Sambil jalan sehat, masyarakat disuguhkan pengenalan budaya Tanah Air. Indonesia merupakan negeri yang berlimpah kekayaan alam dan dihiasi keberagaman budaya," kata Aas.
 
Sambut HUT ke-72 RI, Pupuk Indonesia dan 4 BUMN Gelar Jalan Sehat
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat(Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)
 
Tak hanya menyelenggarakan kegiatan jalan sehat, program BUMN Hadir untuk Negeri memiliki berbagai rangkaian kegiatan lainnya, di antaranya program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Bedah Rumah Veteran, dan Upacara Peringatan HUT RI.
 
"Melalui program Siswa Mengenal Nusantara, perwakilan siswa-siswi berprestasi dari DKI Jakarta dan Kalimantan Timur saling bertukar kunjung. Tujuannya, agar setiap siswa dapat mengetahui budaya masing-masing daerah. BUMN lainnya pun ikut melakukan kegiatan tersebut dengan mengirimkan siswa ke provinsi lain," tutur Aas.
 
Sambut HUT ke-72 RI, Pupuk Indonesia dan 4 BUMN Gelar Jalan Sehat
Salah satu stand di acara #AyoBerjalan (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)
 
Program lainnya yang dilakukan PT Pupuk Indonesia adalah Bedah Rumah Vetaran. Dalam program bedah rumah ini, sebanyak 48 orang veteran pejuang kemerdekaan di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat mendapatkan bantuan renovasi rumah. Bedah rumah dilakukan setelah dilakukan survei terhadap 48 orang rumah milik veteran yang didapati sebagian besar rumahnya tidak memiliki lantai, dinding, atap, dan fasilitas MCK layak, dan perlu segera diperbaiki.
 
Biaya renovasi setiap rumah diperkirakan sekitar Rp40 juta per rumah. Dalam pelaksanaannya dibantu dan dilakukan oleh tim Kodam Jaya dan Kodam Siliwangi, Program Siswa Mengenal Nusantara, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero).
 
"Semula, Pupuk Indonesia hanya bertanggung jawab melakukan renovasi di wilayah DKI Jakarta. Namun, karena permintaan dari LVRI, maka Bedah Rumah Veteran di DKI Jakarta dialihkan ke wilayah Jawa Barat, sebanyak 47 rumah. Sementara, tiga renovasi rumah tetap dilakukan di Jakarta," kata Aas.
 
Program Jalan Sehat #AyoBerjalan juga dilaksanakan di 34 provinsi/kota/kabupaten. Melalui kegiatan ini, masyarakat diberikan edukasi dan diajak untuk menjadi cashless society dengan mengenalkan lebih jauh penggunaan uang elektronik (e-money) melalui kuis-kuis seputar BUMN.
 

(ROS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif