Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

1.800 Personel Disiagakan Amankan Aksi di Makassar

Nasional unjuk rasa aksi mahasiswa Makassar Sulawesi Selatan
Muhammad Syawaluddin • 21 April 2022 13:40
Makassar: Kapolrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, menyiagakan sebanyak ribuan personel untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa di Kota Makassar. Ribuan personel itu akan melakukan pengamanan di belasan titik yang berpotensi menjadi lokasi unjuk rasa. 
 
Kasi Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando KS, mengatakan bahwa ribuan personel tersebut merupakan gabungan antara TNI dan Polri.
 
"Sekitar 1.893 personel gabungan TNI Polri dan instansi terkait yang telah disiapkan," katanya, Kamis, 21 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lando mengungkapkan, ribuan personel gabungan tersebut akan disebar di 13 titik yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang rencananya menjadi titik aksi unjuk rasa mahasiswa dan organisasi lainnya. 
 
Ia juga menjelaskan, dalam pengamanan dan pengawalan aksi unjuk rasa hari ini, pihaknya akan lebih mengedepankan pendekatan persuasif terhadap massa aksi. Hal itu agar aksi unjuk rasa berjalan aman dan damai. 
 
Baca juga: Demo Mahasiswa Diminta Tertib
 
"Kita upayakan penanganan aksi dengan persuasif dan humanis," jelasnya. 
 
Namun, apabila dalam aksi unjuk rasa ditemukan oknum mahasiswa yang bertindak anarkistis, pihaknya akan bertindak dengan tegas sesuai prosedur.
 
"Polisi dalam melakukan tindakan, selalu sesuai SOP disesuaikan dengan kondisi," terang dia.
 
Selain itu, kata Lando, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa jalur untuk pengalihan arus lalu lintas yang disebabkan aksi unjuk rasa mahasiswa hari ini. 
 
Sebelumnya beredar, mahasiswa dari berbagai kampus dan organisasi yang ada di Kota Makassar, berencana melakukan aksi unjuk rasa. Mereka kembali mengangkat tema penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak dan pajak. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif