Ilustrasi unjuk rasa/Medcom.id
Ilustrasi unjuk rasa/Medcom.id

Demo Mahasiswa Diminta Tertib

Nasional unjuk rasa polri Demonstrasi Mahasiswa Mahasiswa Polda Metro Jaya
Siti Yona Hukmana • 21 April 2022 11:19
Jakarta: Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) dan buruh berencana menggelar aksi di depan Gedung DPR, Jakarta Selatan, dan sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini, 21 April 2022. Polri meminta massa demo tertib. 
 
"Di tengah bulan suci ramadan mari bersama-sama saling menghormati dan menjaga situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) Jakarta tetap kondusif," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis, 21 April 2022. 
 
Dedi mengatakan masyarakat berhak menyampaikan pendapat di muka umum. Polda Metro Jaya dipastikan akan melayani dan mengawal demonstrasi mahasiswa tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Polda Metro sudah menyiapkan anggota untuk melayani, mengawal, dan mengamankan," ungkap jenderal bintang dua itu. 
 
Aliansi Mahasiswa Indonesia menggelar demonstrasi hari ini. Mereka akan berunjuk rasa di dua titik kawasan Jakarta Pusat.
 
"Elemen mahasiswa dan buruh yang akan bergabung dalam aksi besok," kata Ketua BEM UI Bayu Satria saat dikonfirmasi Rabu, 20 April 2022. 
 
Baca: Ada Demo, Ini Deretan Pengalihan Arus Lalu Lintas Hari Ini
 
Titik demo berada di sekitar Istana Negara dan depan Gedung DPR. Ada tujuh tuntutan rakyat yang akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). 
 
Pertama, tindak tegas para penjahat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Kedua, turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi. 
 
Ketiga, menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif. Keempat, wujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis.
 
Kelima, sahkan RUU pro rakyat, tolak RUU pro oligarki. Keenam, wujudkan reforma agraria sejati. Ketujuh, tuntaskan seluruh pelanggaran HAM.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif