Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Muncul Klaster Ponpes di Banjarnegara

Nasional pesantren Virus Korona jawa tengah pandemi covid-19
Media Indonesia.com • 10 Juni 2021 16:18
Banjarnegara: Klaster pondok pesantren (ponpes) muncul di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng). Sebanyak 57 dari 100 santri di sebuah ponpes dinyatakan positif covid-19 setelah melakukan tes PCR. 
 
"Pada umumnya, hanya bergejala ringan dan sebagian lainnya tanpa gejala atau OTG," jelas Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, Kamis, 10 Juni 2021. 
 
Budhi mengungkapkan pihaknya baru mendapat kabar kabar tersebut dari RSUD Margono Soekarjo, Purwokerto. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara pun mengambil langkah untuk melakukan karantina untuk santri tanpa gejala selama 14 hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, santri yang mengalami gejala ringan akan dilakukan pemeriksaan dan pengobatan. "Mereka dirawat dan diobati, supaya segera sembuh dari covid-19," ujar Budhi. 
 
Baca: Langgar Prokes, 176 Tempat Usaha di DIY Ditutup Sementara
 
Pihaknya meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melaksanakan sterilisasi terhadap gedung ponpes yang santrinya positif tersebut. 
 
"Kami minta untuk Dinkes, BPBD dan PMI untuk melakukan sterilisasi di ponpes tersebut. Sehingga ponpes bisa digunakan secara aman dan nyaman," ucap Budi. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif