NEWSTICKER
Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis BPS DIY, Mainil Asni di Yogyakarta, Kamis 20 Februari 2020.
Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis BPS DIY, Mainil Asni di Yogyakarta, Kamis 20 Februari 2020.

BPS DIY Gandeng Kecamatan Buka Pelayanan Sensus Online

Nasional Sensus Penduduk
Patricia Vicka • 20 Februari 2020 19:16
Yogyakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) DIY menggandeng pemerintahan kecamatan untuk mencapai target sensus online. Beberapa kantor kecamatan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah membuka pelayanan pengisian sensus online.
 
Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis BPS DIY, Mainil Asni, menjelaskan pelayanan pengisian sensus online di kantor kecamatan sebagian besar berada di kota Yogyakarta.
 
"Kantor kecamatan yang buka stan sensus ada di Kecamatan Jetis, dan Gondomanan. Pak camatnya yang berinisiatif membuka untuk menbantu kami,"ujar Asni pada Medcom.id di Yogyakarta, Kamis 20 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak kecamatan juga menyiapkan petugas khusus untuk membantu warga mengisi sensus online serta mengajak warga berpartisipasi mengisi sensus online.
 
"Enggak bisa dipungkiri di kota Yogyakarta masih ada beberapa daerah yang blank spot dan masyarakat yang yang gagap Teknologi (gaptek). Makanya perlu dibantu,"kata dia.
 
Tak sampai disitu para camat turut mengirimkan surat keterangan sosialisasi sensus online ke kelurahan hingga tingkat pedukuhan. Langkah ini dilakukan untuk menjaring warga sebanyak-banyaknya mengisi sensus online.
 
Sensus Penduduk Online 2020 berlangsung 15 Februari sampai 31 Maret 2020. (BPS) DIY menargetkan sedikitnya 21,17 persen warga mengikuti sensus online.
 
Asni mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak menunda pengisian sensus online. Selain itu warga diminta untuk menyiapkan persyaratanan yang diperlukan untuk mempercepat proses pengisian.
 
"Syarat yang dibutuhkan adalah Kartu Keluarga dan akte nikah. Kalau seluruh anggota keluarga ada dalam satu rumah dan syarat yang dibutuhkan itu sudah ada, proses pengisian nya sekitar 5 sampai 15 menit per 1 anggota keluarga," pungkas Asni.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif