Kunjungan Presiden Joko Widodo di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin, 13 September 2021. Medcom.id/ Triawati Prihatsari
Kunjungan Presiden Joko Widodo di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin, 13 September 2021. Medcom.id/ Triawati Prihatsari

10 Mahasiswa UNS Ditangkap saat Bentangkan Poster 'Sambut' Jokowi

Nasional presiden joko widodo UNS Kota Solo
Triawati Prihatsari • 13 September 2021 17:32
Solo: 10 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ditangkap petugas ketika membentangkan poster saat 'menyambut' kedatangan Presiden Joko Widodo, Senin, 13 September 2021. Poster kertas bertuliskan 'Pak Tolong Benahi KPK' tersebut turut disita oleh petugas keamanan.
 
"Kami menyambut Pak Jokowi, beberapa teman memiliki aspirasi yang ingin disampaikan lewat poster. Tapi ternyata langsung direpresif dan teman kami ditangkap," kata Presiden BEM UNS, Zakky Musthofa, di Solo, Jawa Tengah.
 
Baca: Bandara Soetta Antisipasi Varian Mu dari 42 Negara

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan aspirasi yang disampaikan saat itu tidak bernada keras dan bahkan menggunakan kata tolong. Dia menegaskan tidak ada kata-kata provokatif maupun kata negatif dalam poster tersebut.
 
Sampai saat ini, dia masih melakukan koordinasi dengan Polresta Solo terkait pengamanan para mahasiswa tersebut. Dia mengaku tidak mengenal petugas keamanan yang melakukan tindakan pengamanan tersebut.
 
"Teman-teman berada di luar kampus saat menyampaikan aspirasi tersebut. Karena kampus disterilkan, terus ada insiden tersebut. Teman kami ditarik dan dibawa polisi. Sepertinya mereka bukan dari Polresta setempat, kayaknya dari Paspampres," jelasnya.
 
Sementara saat ditanyai terkait pengamanan mahasiswa tersebut, Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengakui bahwa mereka hanya memberikan pemahaman dan pengertian kepada para mahasiswa tersebut terkait regulasi kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.
 
"Ada tata cara yang harus dipatuhi dalam penyampaian pendapat di muka umum. Dan ditengah pandemi saat ini, penanganan covid-19 menjadi perhatian utama kita. Jika kita sehat, ekonomi kuat dan pulih kembali cepat," ungkap Ade.
 
Jokowi mengunjungi UNS dalam rangka menghadiri kegiatan Forum Rektor Indonesia. Selain itu Jokowi juga meninjau kegiatan vaksinasi door to door di Delanggu, Klaten, dan Kartasura, serta vaksinasi pelajar di SMAN 1 Kartasura Sukoharjo.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif