Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim

Sri Sultan Imbau Suporter Bertindak Santun

Ahmad Mustaqim • 26 Juli 2022 18:14
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyayangkan tindak kekerasan yang melibatkan kelompok suporter sepak bola pada Senin, 25 Juli 2022.
 
Meski tidak tahu persis akar permasalahan tindak kekerasan yang terjadi di sejumlah lokasi itu, ia menilai suporter sepakbola harusnya bisa bersikap sportif.
 
"Saya selalu ingatkan jangan lakukan kekerasan sifatnya fisik, kita perlu membangun peradaban yang memang santun bisa menghargai orang lain, kenapa harus kekerasan yang terjadi," kata Sultan di Yogyakarta, Selasa, 26 Juli 2022.
 
Baca: Kerusuhan Diduga Kelompok Suporter Sepak Bola Terjadi di Sleman

Salah satu titik terjadinya kekerasan berada di Jalan Gejayan Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Selain itu sejumlah video yang beredar di media sosial adanya konvoi rombongan pengendara sepeda motor melintas kawasan Yogyakarta, termasuk di kawasan Tugu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu video menunjukan salah seorang dikeroyok dan dipukuli dengan benda tumpul. Selain itu, ada satu sepeda motor yang rusak akibat kerusuhan itu.
 
Sultan mengatakan tindak kekerasan tak menjadi bagian budaya beradab. Ia menegaskan keterlibatan siapapun dalam olahraga harus dibarengi sikap sportivitas.
 
Sultan masih ingat bebeapa tahun lalu terjadinya kekerasan antarsuporter sepakbola. Padahal sebelum kekerasan terjadi sudah dilakukan deklarasi damai selama kompetisi berlangsung.
 
"Kenapa harus kekerasan yang terjadi, dalam arti kekerasan fisik. Alasannya apa? Tapi harapan saya hal-hal seperti itu tidak harus terjadi," ungkapnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif