Suasana simulasi pencegahan dampak tanah longsor di Desa Giri Asih, Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat, 12 Maret 2021. (Foto: Metro TV)
Suasana simulasi pencegahan dampak tanah longsor di Desa Giri Asih, Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat, 12 Maret 2021. (Foto: Metro TV)

BNPB Simulasikan Pencegahan Longsor di Bandung Barat

Nasional longsor tanah longsor bencana alam dunia
Edwan Hadnansyah • 12 Maret 2021 17:17
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan simulasi pencegahan dampak tanah longsor di Desa Giri Asih, Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat, 12 Maret 2021. Ratusan petugas gabungan BNPB, BPBD, Basarnas, TNI dan Polri, hingga masyarakat dilibatkan dalam kegiatan tersebut.
 
Kepala BNPB Doni Monardo mengungkapkan simulasi dalam rangka menghadapi potensi bencana. Ia menyebut kawasan yang saat ini dilakukan simulasi merupakan daerah rawan tanah longsor.
 
"Saya membayangkan kalau tidak dilakukan seperti sekarang, pencegahan, kasusnya akan mirip dengan yang di Sumedang. Longsor 9 Januari 2021 dengan korban 80 orang," ungkapnya, di lokasi simulasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: 7 ASN Pemprov Sulsel Diperiksa KPK terkait Nurdin Abdullah
 
Menurut Doni, kegiatan simulasi dilakukan agar peristiwa serupa tak terjadi di Bandung Barat. Ia berharap masyarakat lebih siap dan sigap menghadapi potensi bencana.
 
Apalagi, sesuai pengarahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan tempo hari, pemerintah provinsi hingga kabupaten kota dan relawan harus siap dengan upaya mitigasi.
 
"Juga menekankan sensitifitas pembangunan yang berorientasi pada risiko bencana. Jangan cuma peraturan tanpa implementasi. Saat kejadian baru pontang-panting (penanganan). Makanya dilakukan kesiagaan dengan simulasi seperti ini," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif